Tingkatkan Populasi Ikan, Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Tabur 5000 Bibit Ikan Di Sungai Leko

Selasa, 08 September 2020 - 13:05:37 WIB
Share Tweet Google +


KANDIS, CATATANRIAU.COM | Diprakarsai oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru dengan koordinator aksi Alex Samosir yang juga dikenal sebagai Ketua SPPP SPSI Kabupaten Siak dan Dermanto Situmorang juga rekan lainnya, pada hari ini, Selasa, (08/09/'20), telah ditaburkan bantuan bibit ikan sebanyak lima ribu ekor di Sungai Leko Kampung Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Giat ini sendiri dimotori oleh PT TKWL II yang berada di Kampung tersebut. Penaburan bibit ikan itu sendiri diharapkan nantinya bibit dapat berkembang biak sehingga dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan oleh masyarakat setempat pada umumnya.

Alex Samosir mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya tabur benih ikan tersebut adalah untuk menjaga ekosistem ikan air tawar dilingkungan sungai setempat dengan harapan populasi ikan di sungai tersebut meningkat.

 

"Dengan meningkatnya populasi ikan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual, sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat. Selain itu juga dapat menjadi sarana hiburan bagi para pemancing," ungkap Alex Samosir.

 

Ketua serikat SPPP SPSI itu juga menjelaskan bahwa jumlah total bibit ikan yang dilepas hari ini sebanyak 5000 ekor dari beragam jenis. Selanjutnya, Pria tampan yang masih mengenyam pendidikan di Unilak Pekanbaru tersebut berpesan kepada warga masyarakat di desanya termasuk masyarakat di sepanjang aliran air sungai tersebut untuk senantiasa menjaga kelestarian dan kebersihan sungai dengan salah satu cara yakni tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu dirinya berharap agar masyarakat tidak mencari ikan dengan cara disetrum terlebih lagi dengan menggunakan obat atau pestisida.

 

"Mari kita saling menjaga lingkungan sungai salah satunya dengan tidak membuang sampah di sungai," kata Alex Samosir.

 

Tampak hadir dalam giat tersebut, Penghulu Kampung, Da'mi, Humas PT TKWL II, Januar, Doni selaku anggota SPPP SPSI dan masyarakat sekitar tidak ketinggalan rombongan mahasiswa Fakultas Hukum Unilak. Darmanto Situmorang dalam kesempatan itu menuturkan,

 

"Semoga dengan adanya upaya yang kami lakukan ini dapat menjadi salah satu pendorong untuk mempertahankan ekosistem air tawar juga dapat kiranya menunjang meningkatnya perekonomian warga sekitar," ujarnya.

 

Da'mi selaku Penghulu Kampung didampingi Pihak Perusahaan dalam hal ini PT TKWL II melalui Januar selaku Humas, memberikan apresiasi terhadap upaya yang diprakarsai oleh para Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Pekanbaru tersebut.

 

"Mudah-mudahan bibit ikan yang ditabur ini berkembang biak yang pada akhirnya dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga kebutuhan dasar gizi khususnya dari ikan terpenuhi," tutur Da'mi.

 

Januar sendiri dalam kesempatan itu menambahkan penyampaian bahwa dengan dilaksanakan penaburan ikan di sungai pada hari ini, pihaknya meminta kepada masyarakat disepanjang aliran sungai tersebut untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah di sungai.

 

"Dengan air yang jernih dan bersih tentunya pertumbuhan ikan menjadi baik dan cepat sehingga populasi ikan di sungai tersebut dapat cepat meningkat," pungkas Januar.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex