Pengaruh Media Sosial Terhadap Kenakalan Remaja

Sabtu, 14 Juli 2018 - 10:44:55 WIB
Share Tweet Google +

 

Saat ini kita hidup di zaman milenial, dimana teknologi sudah memasuki sendi-sendi kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Begitu pun hal nya dengan generasi muda saat ini yang tidak lepas dari media sosial. Di indonesi tercatat setidaknya kini ada sekitar  130 juta yang aktif di berbagai media sosial, mulai dari facebbok,instagram,twitter dan lainnya.Pada januari 2018, total masyarakat indonesia sejumlah 265,4 juta penduduk, penggunaan internet mencapai 132,4 juta pengguna.  Ini berarti sekitar 97,9 pengguna internet di indonesi sudah menggunakan media sosial.

Membahas tentang kenakalan remaja dimedia sosial sudah tidak asing lagi ditelinga kita, di era globalisai, teknologi semakin maju, yang mana setiap orang sangat tergantung gajet nya terutama untuk mendukung aktifitas-aktifitas kerja. Dengan kemajuan teknologi diharap kan memudahkan aktifitas manusia bukan malah menimbulkan efek buruk seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan teknologi, dan kecanduan menggunakan teknologi secara berlebihan.Saat ini banyak remaja yang menggunakan media sosial, namun mereka menggunakannya tidak secara bijak dan bermanfaat.misalnya menggunakan media sosial untuk melihat, menonton situs-situs porno,menyebarkan kebencian/berita bohong(hoax) terhadap seseorang.

Adapun beberap faktor-faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja dalam menggunakan teknologi adalah, pertama kurangnya sosialisasi dari orangtua ke anak mengenai nilai-nilai moral dan sosial, kedua kurangnya kedisiplinan yang di terapkan orang tua pada anak, ketiga faktor lingkungan atau teman sebaya yang kurang baik,yang membawa mereka pada hal-hal yang negatif. Dari faktor faktor tersebut dapat disimpulkan bahwa timbulnya kenakalan remaja dalam menggunakan teknologi disebabkan karena kurangnya pengawasan dari orang tua. 

Di kalangan remaja, penggunaan media sosial dapat mempengaruhi pola kehidupan.banyak fitur-fitur manarik dalam media sosial membuat mereka cenderung malas dan kecanduan ditambah lagi dengan munculnya berbagai aplikasi yang menyenangkan jika dimainkan sehingga mereka lupa waktu apalagi aplikasi seperti game online.adapun cara-cara mencegah dampak negatif media sosial dapat di uraikan sebagai berikut:

Pertama yang bisa dilakukan orangtua adalah mengurangi kesibukan di luar rumah dan lebih mengintensifkan komunikasi dalam keluarga, kususnya dengan anak karena berdasarkan pengaduan dari KPAI banyak anak-anak yang merasa di abaikan oleh orang tua karena kesibukan orang tua mencari nafkah diluar rumah.

 Kedua,pengawasan orang tua. jika penggunaan ponsel bagi anak masih bisa diminimalisir, jangan terlalu memberikan kebebasan kepada anak dalam hal menggunakan ponsel sehingga bisa mengganggu aktifitas belajar mereka baik disekolah maupun dirumah karena kewajiban anak hanyalah belajar dan mengembangkan potensi mereka. jika mereka sudah berusia remaja, mungkin bisa dipertimbangkan penggunaannya dengan aturan-aturan yang moderen.

 Ketiga, memperkenalkan pada anak bahaya menggunakan media sosial dan media massa yang diakses secara berlebihan, karena akan berdampak buruk pada anak,karena apabila tidak dibatasi merasa akan kecanduan dan tidak mengenal waktu saat menggunakan gadget.

 Keempat,memberikan pembekalan ilmu agama yang baik sekaligus memberikan contoh yang baik,agar dapat diterapkan oleh anak tersebut karena seeorang anak membutuhkan figur keteladanan dari keluarga agar mereka memiliki contoh yang baik dalam kehidupan.

 Untuk para orang tua diharapkan agar dapat mengawasi si buah hati dalam penggunaan media sosial, seperti smartphone. Mengawasi ketika mereka memainkan game online, menonton situs-situs dijejaring sosial. Karena peran orang tua sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak,apalagi jika anak tersebut sudah memasuki usia remaja.karena orang tua mempunyai peran luar biasa dalam mengawasi kegiatan anak dirumah maupun dilingkungan masyarakat, awasi anak dengan baik agar mereka tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif yang terdapat di media sosial karena sekarang ini media sosial sangat mudah diakses oleh siapapun dan banyak hal-hal yang dapat dicontoh didalamnya.dan diharapkan kepada orang tua untuk tidak memberikan gadget kepada anak yang belum bisa menggunakannya secara bijak dan bermanfaat, serta selalu ikut serta mengawasi anak dalam menggunakan teknologi modern saat ini.karena banyak anak yang melakukan kejahatan yang mereka contoh dari media sosial ,ajari dan awasi anak kita dalam menggunakan smartpone.

 

 

 

Penulis:Siti Umirah

Mahasiswi lembaga IEC siak.

 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex