Bupati Siak Alfedri Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Pelaku Desa Wisata di Sei Apit

Rabu, 17 November 2021 - 08:50:47 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com •  Bupati Siak Alfedri secara resmi buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pelaku Desa Wisata untuk membentuk Destination Branding Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Riau.

 

Adapun kegiatan Pelatihan ini merupakan kegiatan Bersama Kolaborasi antara KKKS EMP Malacca Strait S.A., Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dan Dikti Universitas Bakrie.

 

 Yang mana kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua ) hari dari tanggal 16 s.d. 17 November 2021 di Aula Pertemuan Teras Bakau, Mangrove Sungai Bersejarah, Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, Selasa (16/11/21).

 

Bupati Siak dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM pelaku Desa Wisata untuk membentuk Destination Branding Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Riau.

 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami juga mengucapkan terimakasih karena Kabupaten Siak dipercayakan sebagai tuan rumah, tepatnya di Mangrove Sungai Bersejarah, Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit", kata Alfedri. 

 

Alfedri menambahkan, Kegiatan Pelatihan tersebut jelas sangat bermanfaat, untuk menyiapkan tenaga-tenaga yang terampil dan profesional, untuk memecahkan masalah terkait dengan promosi Destinasi Wisata. 

 

"Dengan adanya pelatihan ini, bukan hanya menata destinasi, akan tetapi juga bisa membandingkan destinasi, melakukan penasaran serta promosi, sehingga orang bisa mengetahui dan tentunya akan meningkatkan kunjungan wisata di daerah tersebut khususnya di Kabupaten Siak. Di Siak sendiri ada berbagai objek wisata, diantaranya objek wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam dan juga wisata buatan", ucap Bupati Alfedri. 

 

Lanjutnya, Untuk mengembangkan Desa Wisata, tidak hanya dari Pemerintah Daerah saja, melainkan juga harus bekerjasama dengan pihak Swasta, Perguruan Tinggi dan Media. Dengan adanya kolaborasi multipihak tersebut pengembangan objek wisata di semua sisi bisa berjalan dengan baik. jelasnya. 

 

Sementara itu, CSR & Land Matters Div. Manager EMP Malacca Strait S.A Amru Mahali menyampaikan Kegiatan Pelatihan ini merupakan kegiatan Bersama Kolaborasi antara KKKS EMP Malacca Strait S.A., Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dan Dikti Universitas Bakrie yang dilaksanakan selama 2 (dua ) hari dari tanggal 16 s.d. 17 November 2021 di Aula Pertemuan Teras Bakau Mangrove Sungai Bersejarah Permai.

 

"Kegiatan Pelatihan tersebut, merupakan kerjasama antara Universitas Bakrie
dengan EMP Mallaca Strait. Pelatihan tersebut diikuti oleh 4 Kampung dari Kabupaten Siak, dan 3 Kampung dari Kabupaten Kepulauan Meranti," jelasnya.

 

Lanjutnya, bahwa kolaborasi antara dunia usaha dan perguruan tinggi serta masyarakat merupakan konsep triple bottom-up yang sedang dijalankan oleh EMP di daerah operasional perusahaan. Ungkap Amru.

 

Kegiatan ini dihadiri Bupati Siak, Drs. H. Alfedri, M.Si. Kepala Dinas lingkungan hidup kabupaten Siak Jaka, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Tenaga Ahli kementrian LHK, Camat Sungai Apit, Wahyudi S.STP, Kapolsek Sungai Apit, DANRAMIL Sungai Apit, Penghulu Kayu Ara Permai, Mengkapan, Bunsur, Lalang, Tanjung Kuras, Kepala skk migas perwakilan sumbagut, yang diwakili oleh kepala departemen Humas Yanin Kholison, CSR & Land Matters Div. Manager EMP Malacca Strait S.A., Amru Mahali, Dosen dan Mahasiswa Universitas Bakrie, Pengurus Kelompok Konservasi Laskar Mandiri. Kelompok Konservasi Mangrove Mengkapan, Bunsur, Lalang, Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Kelompok Konservasi Mangrove Sungai Merambai Teluk Belitung Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, POKDARWIS Telaga Air Merah Desa Tanjung Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti
dan Tokoh masyarakat  Kayu  Ara  Permai. (Infotorial/Mr.j)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex