Ipda Hasoloan Samosir inovasi sumur bor atau sumur AKLAG untuk pencegahan dan penanggulangan karlahut lokasi gambut, sukses buat puluhan sumur dan siap bantu petani.

Ipda Hasoloan Samosir Personil Polres Pelalawan Inovasi Sumur Paralon Jadi Sumur AKLAG

Kamis, 20 Agustus 2020 - 09:25:33 WIB
Share Tweet Google +


PELALAWAN, CATATANRIAU.COM | Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah)
perlu terus ditingkatkan. Melakukan Langkah-langkah strategis sinergis dan antisipatif dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, pada saat, dan pasca karhutla terjadi. Perlu inovasi ....! Lahan gambut merupakan dataran rendah, namun jika terbakar sulit mencari sumber air untuk pemadaman.


Tetapi ada seorang anggota Personil Polres Pelalawan Ipda Hasoloan Samosir menceritakan pengalaman dan inovasinya membuat sumur paralon menjadi sumur AKLAG (Antisipasi Kebakaran Lahan Gambut). Ipda Hasoloan Samosir  siap jadi mentor petani dan kelompok tani untuk membuat sumur AKLAG. Begini ceritanya pada Rabu (19/08/2020) di Binmas Polres Pelalawan.


Ipda Hasoloan Samosir selain sebagai polisi memang sangat berbakat juga bertani. "Saya sangat berkeinginan  mengajak para petani terutama  masyarakat pertanian dan perkebunan  yang mempunyai  lahan  struktur gambut. Untuk membuat suatu Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dengan membuat sumur paralon. Sumur Paralon memang terbuat dari paralon ditanam di lahan gambut sebagai lobang sumur seperti sumur bor.  Sumur Paralon dibuat untuk antisipasi kebakaran lahan gambut disingkat AKLAG disebutlah sumur paralon menjadi sumur AKLAG (Antisipasi Kebakaran Lahan Gambut" ujarnya .


Petani atau kelompok tani sangat perlu membuat sumur paralon atau sumur AKLAG. Karena keunggulan sumur paralon/AKLAG adalah :


1. Biaya murah , proses pembuatannya cepat.
2. Sumur Pipa paralon pada musim kemarau air  tidak kering. Karena lahan gambut dataran rendah, hanya baguan atas kering namun didalam gambut air ada. Cadangan air dibawah gambut cukup tersedia.     Dengan membuat Sumur pipa paralon  memakai Dop penutup Pipa atas sumur dapat bertahan lama dan awet.


3. Pada sumur Pipa paralon  lumut tidak tumbuh. Air permukaan tidak bercampur dengan air dalam gambut. Air permukaan berlumpur  tidak longsor pada musim hujan  seperti sumur terjadi pada  embung galian  sehingga pada saat di fungsikan  sumur pipa paralon  airnya tetap terjaga jernih  sebagai  air yang sempurna  untuk di sedot mesin pompa air  Ministrakers  .


4. Jika terjadi Karlahut, Kelokasi pemadaman tidak membutuhkan banyak selang panjang. Pengalaman pemadaman dalam areal lahan gambut yang luas .  Selain  harga selang pemadaman yang cukup mahal juga menambah  beban  personil menuju karhutla  menjadi kendala, sangat sulit pemadaman lahan gambut . Tetapi  untuk sumur paralon cukup sederhana dengan menenteng  1 batang pipa  untuk mengatasi kesulitan mencari sumber air. Ipda Hasoloan Samosir Siap membimbing  dan menularkan  inovasinya kepada  perorangan   atau kelompok  yang akan membuat sumur  AKHLAG  
Guna meminimalisir  Kebakaran hutan dan lahan gambut.
Ipda Hasoloan Samosir KBO Satbinmas Polres Pelalawan karena kesulitan air dilokasi pemadaman lahan gambut. Timbullah inovasi  memadamkan karhutlah  dengan peralatan minim sehingga muncul sumur paralon. 


Adapun Teknik pembuatan Sumur Paralon yaitu dengan pipa paralon 180 Cm Diameter 4 Inchi . Sumur paralon telah dapat dibuktikan baru baru ini memadamkan api  di Desa Gambut Mutiara Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Riau.  


Kurun waktu tiga hari karhutla di Dusun Gambut Mutiara Kecamatan Teluk Meranti berhasil di padamkan oleh Tim Polres Pelalawan di pimpin langsung Ipda Hasoloan Samosir beserta beberapa personil.


Dengan Perjalanan yang cukup jauh dan menggunakan tranportasi  lewat  air  tidak perlu membawa  banyak selang pemadaman karena lokasi kebakaran  hamparan lahan gambut  . Karena  akses kelokasi melewati jalan setapak , dengan menggunakan  mesin  pemadam  jenis mini strakers.   Karena enteng dibawa dalam menempuh perjalanan  .
Guna mengatasi   jumlah selang pemadaman dan  sumber air   yang  minim  didapat di areal lahan gambut  , bisa diatasi . Tim  karhutlah  dengan mempersiapkan  pipa paralon ke lokasi lahan terbakar .


Dalam proses pemadaman yang di Desa Gambut Mutiara Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Karena minimnya sumber air dan jangkauan yang cukup sulit  untuk proses pemadaman sehingga  Team  membuat sumur Pipa paralon dengan   tehnik pembenaman pipa pada lahan gambut  yang benar guna mendapatkan suplay air yang akan di butuhkan mesin ministrekers  yakni 250L  s/d  300L / menit  .


Tim Polres Pelalawan yang dipimpin  Ipda Hasoloan Samosir  KBO Binmas Polres Pelalawan Polda Riau  bersama personil membuat sumur paralon panjang pipa  hanya 180 cm diameter 4 inch dapat berfungsi padamkan karlahut di lahan gambut.


 Ipda Hasoloan Samosir  KBO Binmas  menjelaskan    bahwa   : Areal
Gambut adalah dataran rendah cenderung rawa tak bisa dilalui oleh Perahu  . Untuk mendapatkan air apa lagi musim kemarau terjadi kebakaran perlu inovasi.  Gunakan cara cara strategis dan efektif padamkan karlahut.  Dengan menggunakan Tehnik dan  cara yang tepat   dan proses pembuatan  sumur paralon  hanya memakan waktu 20 menit  sumur sudah siap di fungsikan .


Biaya pembuatan sumur dan bahannya cukup murah  sebatang pipa paralon ukuran 4 inchi panjang 5,40 meter  berkisar Rp. 150.000 ( Seratus lima puluh ribu )   dan pipa 1 btg   dapat dibagi menjadi 3 ( tiga )  bagian, yakni pembuatan 1(Satu)  buah sumur  butuh panjang  180 Cm  dengan  seharga  Rp. 50.000 ( limapuluh ribu saja ) .


Selanjutnya  sumur paralon  yang sudah dibuat dan telah siap digunakan pemadaman Karhutlah dapat difungsikan  sebagai sumur antisipasi karhutlah  pada lahan gambut yang terbakar  dan dapat berfungsi  selamanya  apabila di lokasi tersebut terjadi  kebakaran sebelum meluas  karena sumber air telah tersedia pada sumur paralon atau sumur AKLAG .


Awalnya  pembuatan sumur paralon Ipda Hasoloan samosir sudah menemukan pada tahun 2015   sebagai coba coba dilahan gambut tapi  masih belum sempurna  sering mengalami  air  tekor tidak dapat menyuplay kebutuhan ministrekes  2.5 L / detik dan apabila digunakan dalam jangka 30 menit air selalu tekor  .


Dengan kegigihan Ipda Hasoloan Samosir berinovasi   selalu berusaha dan mempelajari kelemahan    agar sumur bisa sempurna dalam skala pemadaman  yang memerlukan air skala jangka panjang nonstop isapan mesin Ministrekers sekarang telah membuat sumur AKLAG puluhan unit dengan sukses. EP




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex