Bantuan APD dari Tanoto Foundation tiba di Jakarta, Senin (13/04/2020).

Penuhi Komitmen Ke BNPB Perangi COVID - 19 APD Bantuan Tanoto Foundation Tiba di Jakarta

Selasa, 14 April 2020 - 10:38:29 WIB
Share Tweet Google +


CATATANRIAU.COM, Gelombang ketiga bantuan alat-alat pelindung diri (APD) dukungan Tanoto Foundation untuk petugas kesehatan Indonesia dalam perangi Covid-19 mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (13/04/2020). Bantuan dengan berat lebih dari 30 ton tersebut terdiri dari masker, baju pelindung ICU dan non-ICU, serta kacamata, diangkut oleh pesawat carter Garuda Indonesia jenis B777-300ER. 
Penuhi komitmen kepada BNPB
Bantuan yang baru tiba tersebut merupakan bagian dari komitmen Tanoto Foundation dalam mendukung tenaga medis Indonesia perangi Covid-19, dalam bentuk 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 3.000 kacamata dan 100.000 baju pelindung ICU dan non-ICU. Sebelumnya gelombang pertama dan kedua yang diangkut pesawat carter khusus tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada Kamis (2/4) dan Jumat (3/4). Dengan datangnya gelombang ketiga tersebut, komitmen Tanoto Foundation kepada BNPB untuk mendatangkan APD telah terpenuhi hampir seluruhnya (Baju Pelindung 100%, Kacamata 100%, Sarung tangan 100% dan Masker 85%). Masker yang belum terangkut akan dikirim melalui jasa pengiriman udara dan diperkirakan tiba pekan depan. 

 


Kirim Misi Kemanusiaan Jemput Langsung APD di Tiongkok
Untuk mempercepat kedatangan APD tersebut dari Tiongkok sampai ke Indonesia, Tanoto Foundation mengutus tim relawan (yang merupakan gabungan karyawan) Tanoto Foundation dan RGE dalam misi kemanusiaan untuk menjemput secara langsung dan menyewa pesawat khusus sampai dengan tiga kali perjalanan pulang-pergi. Hal ini mendesak dilakukan mengingat kendala supply chain dari sisi transportasi dan pengiriman kargo yang sangat terbatas.
“Bagi kami, misi kemanusiaan ini adalah langkah nyata Tanoto Foundation untuk mempercepat distribusi APD tersebut agar segera dipakai oleh para tenaga kesehatan. Kami berharap para pahlawan kesehatan Indonesia ini lebih cepat terbantu sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjalankan tugas, sekaligus bisa melindungi diri dari risiko penularan  Covid-19,” kata CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo.

 


 “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan-rekan BNPB, Kementerian Perhubungan, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Bea Cukai, rekan-rekan TNI AU, Avsec Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta yang telah bekerja keras membantu kami dalam memastikan lancarnya penerbangan tersebut hingga tiba kembali di Indonesia dan membantu menurunkan barang-barang dari pesawat, melakukan disinfektasi dan memastikan alat-alat tersebut dapat sampai di tanah air.”
“Secara khusus kami ingin memberikan apresiasi atas dukungan manajemen dan kru Garuda Indonesia dalam misi kemanusiaan ini, sehingga proses penjemputan kargo berupa APD untuk atasi Covid-19 berjalan dengan lancar” tambah Satrijo Tanudjojo.

 


Dalam mendatangkan bantuan APD tersebut, Tanoto Foundation bekerja sama dengan RGE Indonesia, kelompok perusahaan manufaktur global berbasis sumber daya alam. 
Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas keyakinan bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Tanoto Foundation memulai kegiatannya pada 1981, saat saat Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto membangun Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatra Utara.
Filosofi  Tanoto Foundation adalah pendidikan berkualitas bisa mempercepat terciptanya kesetaraan peluang. Kami mengembangkan potensi individu dan memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan berkualitas dari usia dini sampai usia berkarya.

 


Tiga pilar komitmen Tanoto Foundation adalah memperbaiki lingkungan belajar, mengembangkan pemimpin masa depan, dan memfasilitasi riset medis. Dalam upaya perbaikan lingkungan belajar,  Tanoto Foundation mendukung  Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) dan Pendidikan Dasar, serta  memperbaiki ekosistem pendidikan melalui program penguatan kapasitas pengelolaan dan kepemimpinan sekolah,  peningkatan kapasitas guru, dan partisipasi orangtua dan masyarakat. 

 


Dalam mendukung pengembangan pemimpin masa depan, Tanoto Foundation membina calon pemimpin masa depan untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat. 
Untuk memfasilitasi riset medis, Tanoto Foundation bermitra dengan lembaga kesehatan di Singapura untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang kondisi kesehatan yang prevalen di Asia serta menerapkan ilmu pengetahuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang menghambat potensi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

 


RGE Pte Ltd mengelola sekelompok perusahaan manufaktur berbasis sumber daya dengan operasi global. Pekerjaan kami berkisar dari hulu, terdiri dari pengembangan sumber daya berkelanjutan dan pemanenan, hingga hilir, di mana perusahaan kami menciptakan beragam produk bernilai tambah untuk pasar global. Komitmen kami untuk pembangunan berkelanjutan mendukung operasi kami, karena kami berusaha memberikan kebaikan untuk masyarakat, baik untuk negara, baik untuk iklim, baik untuk pelanggan, dan baik untuk perusahaan. RGE didirikan pada tahun 1973. Aset yang dimiliki oleh perusahaan RGE saat ini melebihi US $ 20 miliar. Dengan lebih dari 60.000 karyawan, kami memiliki operasi di Indonesia, Cina, Brasil, Spanyol dan Kanada dan terus berkembang untuk melibatkan pasar dan komunitas yang lebih baru.( Rls/EP).




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex