Perhatikan Jenis & Cara Pemakaian Masker Yang Baik dan Benar

Selasa, 07 April 2020 - 09:26:49 WIB
Share Tweet Google +


JAKARTA catatanriau.com - Pemerintah menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker, mengikuti anjuran WHO, dikarnakan makin bertambahnya jumlah pasien yang dinyatakan positif coronavirus.

 

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” kata Achmad Yusrianto jubir Coronavirus, Minggu (5/4/2020) di Jakarta.

 

Masker yang disarankan untuk masyarakat umum adalah masker kain. Sedangkan masker bedah dan N 95 diperuntukkan bagi tenaga medis atau petugas kesehatan. Hal ini menjadi salah satu upaya pencegahan penyebaran Corona.

 

Masker memang tidak selektif hanya saja dengan menggunakan masker dengan baik dan benar,kita sedikt banyak telah menekan angka penulran dan jangkitan corona.

 

Berikut yang perlu diperhatikan dalam penggunaan masker kain.

 

1. Masker Kain 3 Lapis

 

Ditengah wabah pandemi Coronavirus, masker menjadi suatu kebutuhan wajib bagi masyarakat. Langkanya ketersediaan masker bedah dan N 95 dipasaran, membuat masyarakat mengambil inisiatif menggunakan masker kain. Sesuai anjuran dari pemerintah, masker kain yang disarankan adalah masker kain 3 lapis. Masker kain 3 lapis ini terbukti dapat menangkal 70 persen virus corona.

 

2. Maksimal 4 Jam

 

Dalam penggunaan masker kain yang disarankan paling lama 4 jam. Ini bertujuan agar masker kain benar-benar bersih dan dapat melindungi sipemakainya. Setelah 4 jam, masker kain dapat dicuci menggunakan sabun dan air bersih.

 

3. Bahan Masker

 

Para ahli telah menyimpulkan bahwa serbet dapur, kaos berbahan katun, dan sarung bantal merupakan bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan masker kain. Bahan tersebut, diakui kemampuannya dalam menangkal kuman dan bakteri mendekati dengan masker bedah.

 

Tetap diingat bahwa, sebelum menggunakan masker kain sebaiknya terlebih dahulu mencuci tangan. Gunakan masker kain yang melekat erat di wajah. Apabila ingin menyentuh masker kain kembali, cucilah tangan terlebih dahulu baru menyentuhnya. Ganti masker kain jika berubah warna atau rusak.

 

4. Tetap Jaga Jarak

 

Menggunakan masker kain, tidak serta merta membuat kita untuk tidak menjaga jarak dengan orang lain. Physical distancing setidaknya satu meter dari orang lain tetap harus dilakukan. Ingatlah bahwa masker kain hanya salah satu alternatif dari pencegahan virus Corona atau covid-19. (Putri)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex