PJ Penghulu Minas Barat Ucapkan Ribuan Terimakasih Bantuan Lampu Penerangan Jalan Oleh PemKab Siak Dan Harapkan Pemasangan Listrik PLN di Minas Asal  

Rabu, 18 Januari 2023 - 13:00:47 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Pj Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari, ia mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Dan Permukiman (PU-Tarukim) atas bantuan 10 unit lampu penerangan jalan yang ditempatkan didua lokasi, yakni di KM 49 dan KM 33, Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (18/01/2023).


"Kita mengucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Siak terutama sekali kepada PU-Tarukim Kabupaten Siak, yang telah memasang lampu jalan sebanyak 10 unit di KM 49 tiga titik dan di KM 33 sebanyak 7 tikitik," kata Ayang Bahari kepada Wartawan media ini.


Dalam hal ini terang dia, pihaknya selaku Pemerintah Kampung sengaja menempatkan titik pemasangan lampu dilokasi yang disebutkan diatas, mengingat lokasi itu cukup rawan terjadi tindak kejahatan dimalam hari.
 

"Kalau kita hitung cukup ini sebenarnya belum cukup, sebab masih banyak tempat-tempat yang rawan kegelapan seperti didua lokasi tersebut," katanya.

Menurutnya, masih banyak lokasi diseputaran jalan di Kampung itu yang perlu lampu penerangan jalan, "seperti di KM 32 yang mana dilokasi itu juga sering terjadi tindak kejahatan begal," terang Ayang lagi.


Namun demikian lanjutnya, pihaknya telah mempersiapkan anggaran melalui APBN Dana Kampung (DK) tahun 2023 untuk pengadaan lampu jalan sebanyak 25 unit.
 

"Tapi kalau masih ada bantuan dari Pemda Siak tentu itu lebih bagus, sebab semakin banyak semakin bagus," harapnya.


Hal ini terang dia, dikarenakan pemasangan jaringan PLN lintas Dumai - Pekanbaru masih ada yang kosong dan hingga saat ini belum dialiri listrik, kurang lebih sepanjang 4 kilometer, "diposisi ini sangat rawan sekali tindak kejahatan," katanya.
 

Padahal kata dia, tiang tonggak PLN sudah dipasang dilokasi tersebut tapi belum juga dilairi listrik, hal ini terjadi jelasnya sudah bertahun-tahun lamanya. 

"Sampai-sampai kabel yang sudah dipasang hilang akibat tidak dialiri listrik, kami pun tidak tahu kemana perginya kabel listrik PLN itu," imbuhnya.
 

Selain itu menurutnya, masih banyak lagi wilayah di Kampung Minas Barat yang belum terpasang jaringan listrik PLN, dan yang paling betul-betul membutuhkan seperti di Dusun Batu Bosa (Minas Asal-red). 
 

"Sebab, disana hampir semua jenjang pendidikan sudah ada, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP, tentu dalam pembelajaran mereka membutuhkan komputer, tapi tidak bisa untuk digunakan sebab tidak ada listrik PLN disana," Katanya lagi.

Lanjutnya," nah, kebetulan pagi ini kami juga didatangi sejumlah tokoh masyarakat Kampung Minas Barat untuk mempertanyakan kapan akan dipasang jaringan listrik PLN di Minas Asal ini sudah sejauh mana, apakah akan dipasang lagi atau tidak. Tentunya saya pun tak bisa memberikan jawaban atas hal ini," ulasnya.

"Jadi kami akan melakukan koordinasi dengan PLN Rayon Rumbai ataupun PLN Rayon Perawang dan Duri, jadi kita ingin mempertanyakan apakah ada kira-kira dalam waktu dekat ini pemasangan jaringan listrik di wilayah Kampung Minas Barat, dan jika ada dimana titiknya. Mudah-mudahan atas kebijakan dari pemerintah kita, apa yang kita harapkan tentang PLN ini bisa terealisasi," tutupnya.***

Penulis : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex