Tanoto Foundation & Dinas Pendidikan Gelar Vaksinasi Masal di SMP N 1 Minas

Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:22:00 WIB
Share Tweet Google +

Reporter : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com • Tanoto Foundation bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Siak mereka menggandeng pihak Puskesmas Minas untuk melakukan kegiatan vaksinasi massal terhadap para tenaga pendidik dan siswa siswi yang ada di Kecamatan Minas, kegiatan itu diadakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 1 Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis pagi (28/10/2021).

 

"Hal ini dilakukan bertujuan untuk, agar semua guru pendidik di Kabupaten Siak ini tidak ada lagi yang tidak divaksin. Nah, karena kita di Minas ini masih banyak guru yang belum divaksin maka menurut jadwal pemerintah kabupaten kita dapat hari ini. Dikarenakan Tanoto Foundation ini tidak menyediakan vaksin maka mereka bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten Siak, jadi disini pihak Tanoto membantu dibidang konsumsi ataupun akomodasi," kata Khalida Yunas S.Pd kepada Wartawan media ini selaku Kepala SMP N 1 Minas.

 

Dijelaskannya, untuk hari ini pihak Puskesmas Minas, mereka menyediakan sebanyak 240 dosis vaksin untuk seluruh guru yang ada di Kecamatan Minas.

 

"Jadi kegiatannya dipusatkan di SMP N 1 ini dan diperuntukkan khususnya terhadap seluruh tenaga pendidik yang ada di Minas ini, namun kalau masih ada sisa barulah diberikan kepada siswa. Namun, tadi pagi pendaftar penerima vaksin belum mencapai 200 orang, maka vaksinasi itu dibuka untuk masyarakat umum, banyak juga masyarakat yang ikut divaksin jadi karna dosisnya banyak akhirnya bisa diberikan terhadap masyarakat umum juga," terangnya.

 

Khalida Yunas juga menjelaskan, untuk para guru di SMPN 1 Minas sendiri, sudah hampir seluruhnya yang telah divaksin dan hanya ada 1 orang guru dari 41 orang guru yang belum melakukan vaksinasi dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak setabil.

 

"Yang masih banyak belum divaksin ini siswa, kendalanya karena tidak adanya izin dari orang tua mereka, sebab banyak orang tua yang takut jika anaknya divaksin takut akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Jadi kami tidak berani mengharuskan siswa itu harus divaksin, hanya saja kami selalu melakukan himbauan-himbauan melalui grup WA sekolah, dan juga melalui wali kelas, untuk ikut gerakan vaksin di sekolah, harapan kita ya semua siswa itu divaksin, namun tetap saja tidak mungkin kita paksa mereka, sebab semuanya tergantung persetujuan dari orang tua mereka masing-masing," ujarnya.

 

Namun demikian lanjut dia, dengan adanya vaksinasi oleh Tanoto Foundation tersebut di Sekolah itu akhirnya banyak siswa yang mau ikut untuk melakukan vaksinasi.

 

"Murid kita saja tadi ada sekitar 150 orang yang ikut divaksin, dan ada juga anak-anak didik dari SMA N 2 Minas yang ikut divaksin disini, Alhamdulillah kegiatan hari ini tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan," tukasnya.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex