Ayang Bahari Penghulu kampung Minas Barat, tampak memantau pihak damkar PT CPI saat melakukan pemadaman Api

1 Hektar Hutan Lindung Dikawasan PT CPI Minas Petang Tadi Terbakar

Ahad, 14 Juli 2019 - 22:32:35 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK, CATATANRIAU.COM- Kebakaran melanda kawasan hutan lindung di areal PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) Distrik Minas, tepatnya dia wilayah RT.02/RK.02 Dusun Bukit Keramat, Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Ahad (14/07/19).

 

Akibat peristiwa itu, diperkirakan satu hektar hutan terbakar.  "Dampaknya terlihat tanaman hutan lindung memjadi rusak," ujar Ayang Bahari, Penghulu kampung Minas Barat kepada Wartawan Ahad (14/07/19) malam.

 

Peristiwa itu, kata Ayang, awalnya, dilihat oleh warga sekitar yang bermukim tidak jauh dari kawasan hutan itu, sekira pukul 15:30 WIB petang tadi, dan melihat ada kebakaran.

 

"Warga sekitar melihat kobaran api, kemudian langusng menghubungi polisi, kemudian pihak polisi langsung menghubungi pihak fire PT CPI dan sesudah pihak Damkar atau Fire PT CPI datang baru pihak polisi datang ke-TKP dan pemadaman itu pun dibantu juga oleh masyarakat sekitar," Kata dia menambahkan.

 

Sementara itu, kata dia, penyebabnya diduga karena cuaca panas di musim kemarau yang cukup panjang ini. "Api berasal dari pinggir jalan, dan kebakaran luasnya kurang lebih 1 Ha, Alhamdulillah api dapat dipadamkan oleh Fire PT CPI yang dibantu Masyarakat selama kurang lebih satu jam," Ujarnya.

 

Terkait hal ini, dia pun menegaskan, terkhusus kepada masyarakat yang berada di wilayah kampung Minas Barat untuk tidak lagi membakar lahan, dan apabila kedapatan kata dia, akan segera di tindak dengan hukum yang berlaku.

 

"Kita himbau kepada masyarakat dan telah disampaikan bahwa di tiadakan lagi untuk pembakaran lahan dan apabila kedapatan dilapangan melakukan pembakaran akan ditangkap sesuai dengan undang-undang yang berlaku." pungkasnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor     : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex