Jhonny Charles Harapkan Gernas BBI dan BBWI Bisa Tingkatkan Perekonomian Riau

Jumat, 26 April 2024 - 19:56:03 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Kegiatan Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang akan dihelat di Riau pada  3-5 Mei mendatang, diharapkan tokoh muda Riau asal Rokan Hilir, Jhonny Charles, tidak hanya menjadi acara ceremonial saja namun bisa membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Riau.

"Mari bersama kita jadikan ini momen untuk kebangkitan UMKM Riau, ini kesempatan kita untuk memperkenalkan lebih luas segala macam produk UMKM dari Kabupaten Kota yang ada di Riau," ungkap Jhonny Charles yang akrab di sapa JC.

JC mengingatkan agar dinas tekhnis diseluruh Kabupaten Kota di Riau bisa menampilkan hasil olahan UMKM yang didaerah masing-masing yang memiliki ciri khas.

"Kalau produk yang ditampilkan sama dengan kebanyakan, tentu potensi pasarnya juga akan rendah. Namun kalau berbeda dan istimewa apalagi sulit ditemui didaerah lain, bisa jadi mereka akan kembali mengulang untuk membeli diluar iven ini. Kalau produk yang ditampilkan sama saja, artinya ini hanya untuk meramaikan saja dan tidak bernilai,"tekan JC lagi.

JC juga sepakat jika iven Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) harus bisa menjadikan Riau ke depannya sebagai  provinsi metropolitan yang menjadi sentra ekonomi di Pulau Sumatra. Tentunya mengutamakan produk lokal yang ada.

"Peluang kita sudah terbuka lebar,tinggal bagaimana kita memanfaatkan saja. Saya yakin kalau semua pihak saling bersinergi, provinsi metropolitan akan bisa direalisasikan dan industri UMKM di Riau juga bisa lebih maju," lanjut JC lagi.

Dilain sisi terkait produk UMKM sendiri, JC menyarankan agar ada pembenahan semisal bentuk kemasan dibuat lebih menarik serta kualitas  produk yang terjamin dan tidak kalah dengan produk pabrikan. Disamping juga tentunya harga yang terjangkau. Untuk provinsi Riau menurut JC lagi banyak produk olahan yang bisa bersaing dipasaran. Semisal lempuk durian, kacang pukul atau juga aneka olahan ikan patin serta mie sagu dan kopi meranti.

"Kita memiliki banyak produk khas yang tidak sama dengan dimiliki daerah lain,potensi kita untuk merebut peluang pasar itu ada," pungkas JC.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex