H.Sukiman Mengikuti Rakor Bersama Mendagri Dan Pemprov Riau

Sabtu, 22 Januari 2022 - 22:01:09 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan Pemprov Riau, dalam rangka Monitoring, Evaluasi Program, dan kegiatan Strategis di Provinsi Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (21/1/2022).

 

Turut juga mendampingi Bupati Sukiman, Pj Sekda Rohul M.Zaki S.STP M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Plt Kepala BPBD Rohul Afrizal S.Sos.

 

Selain itu, Gubernur Riau Syamsuar, Wagubri Edy Natar Nasution, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy, Kepala BPKAD Provinsi Riau Indra, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau, Emri Juli Harnis, Kepala BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal serta Bupati/Wali kota se Provinsi Riau.

 

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi upaya Pemprov Riau dalam penanganan Covid-19. Hal ini dapat dilihat dari capaian-capain kriteria yang telah ditetapkan pemerintah Pusat.

 

“Pengendalian pandemi ini penting karena sangat berkaitan dengan eksekusi terhadap program-program daerah, khususnya di sektor pembangunan,” terang Mendagri.

 

Selain memberikan apresiasi terhadap pengendalian pandemi Covid-19, Mendagri juga mengatakan bahwa capaian angka vaksinasi di Riau tergolong baik. Yang mana capaian-capaiannya sudah sesuai dengan target nasional.

 

“Terimakasih banyak Pemda di seluruh Riau. Semua ini tercapai berkat kerjasama semua pihak,” terangnya.

 

Sementara itu, Gubri Syamsuar, mengatakan secara umum situasi pandemi Covid-19 di Provinsi Riau terkendali.

 

"Penanganan Covid-19 di Provinsi Riau,  Alhamdulillah sampai saat ini dapat dikendalikan, bahkan tidak ada lagi kasus aktif di Riau," kata Syamsuar. 

 

Meski begitu, Syamsuar mengimbau masyarakat Riau tetap waspada, apalagi saat ini varian Omicron telah masuk ke tanah air. 

 

Dalam menghadapi varian baru tersebut, Syamsuar telah melakukan berbagai upaya antisipasi jika omicron masuk ke Bumi Lancang Kuning. 

 

"Kami telah melakukan langkah antisipasi jika seandainya varian Omicron meningkat di Riau, yakni menyiapkan rumah sakit rujukan dan tempat isolasi terpusat di Provinsi Riau, kabupaten dan kota serta menyediakan obat-obatan yang cukup dan kesiapan tenaga medis," terang Syamsuar.

 

Tidak hanya itu, langkah antisipasi lainnya adalah penyediaan oksigen, bahkan 82,38 persen masyarakat Riau telah disuntikkan vaksinasi dosis satu, dan 52,11 persen persen dosis dua. Angka tersebut dinilai telah memenuhi target yang ditetapkan Pemerintah Pusat, yakni 70 persen dari jumlah penduduk. 

 

Meskipun kasus Covid-19 terkendali dengan baik, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan, Riau tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan. 

 

"Protokol kesehatan tetap ditegakkan dan tidak boleh lengah, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujar Tito.

 

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mencermtai dam menyambut baik arahan Mendagri Tito Karnavian, baik dalam Penanganan Covid-19, Realisasi APBD, Kemandirian Fiskal Pemerintah Daerah dan Evaluasi Program strategis lainnya.

 

Lanjutnya, Arahan Mendagri ini sebagai penyemangat dan Motivasi Pemkab Rohul dalam melaksanakan Program-Program Pembangunan Daerah yang berorientasi untuk kesejahteraan masyarakat Rokan Hulu.

 

Terkait Apresiasi Mendagri kepada Pemda di Riau dalam Penanganan Covid-19, Bupati Sukiman juga mengatakan berkat sinergitas Pemkab, TNI-Polri, Nakes, Intstansi terkait, tokoh agama dan masyarakat kasus Covid-19 di Rohul dapat dikendali serta Vaksinasi dosis pertama mencapai 71 % lebih, melebihi target Pemerintah Pusat.***


E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex