70 Parsen Pembangunan Rumah Layak Huni Desa RTB Telah Rampung Dikerjakan

Jumat, 10 Desember 2021 - 09:11:05 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com • Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau salurkan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) bagi masyarakat yang kurang mampu di beberapa kabupaten yang ada di provinsi Riau, bantuan tersebut merupakan Bantuan Keuangan (Bengkeu) anggaran tahun 2021 melalui Dinas PUPR Pemprov Riau.

 

Desa Rambah Tengah Barat, salah satu desa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, mendapat Bantuan rumah layak huni sebanyak 13 unit dan untuk pengerjaannya sudah mencapai 70 %.

 

Kades Desa RTB Sopian Dly mengatakan bantuan Rumah Layak Huni ini permohonan bantuan pada tahun 2018 dan baru tahun 2021 ini terkabul.

 

"Pada tahun 2018 kita ajukan lebih kurang 23 rumah layak huni untuk masyarakat yang tidak mampu yang ada di Desa RTB, dan baru tahun 2021 ini bisa terkabulkan tentunya kita juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Pusat dan Provinsi Alhamdulillah tahun 2021 ini bisa kita dapatkan 13 unit," Kata Kades saat di wawancarai oleh awak media ini, Jum,at (10/12/2021).

 

"Pembangunan tersebut tersebar di 06 Rukun Tetangga. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 65 dan sudah ada yang mencapai 70 persen namun karena saat ini musim hujan tentunya ini juga menjadi suatu kendala dalam pengerjaannya," ujar kades.

 

"Sementara dalam satu unit Rumah Bantuan layak huni ini Pemerintah memberikan anggaran sebesar Rp 60 juta rupiah namun belum di potong pajak, untuk mekanisme pengerjaannya sudah kita bentuk kelompok panitia pelaksana pengelolanya," tambahnya.

 

Lebih lanjut Kades menjelaskan, mekanisme pembangunan masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jika pun ada kenaikan harga barang tidak terlalu signifikan.

 

“Pekerjaan kita sudah serahkan kepada pihak panitia pengelola jadi penerima bantuan rumah layak huni tinggal terima kunci saat bangunan selesai. Soal anggaran saya kurang menguasai karena ada panitianya, kita hanya melakukan pengawasan dengan optimal hingga pembangunan selesai sesuai target," kata kades.

 

"Dan untuk tahun 2021 ini kita sudah masukkan permohonan bantuan rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu, kita berharap kepada pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten agar bisa mengabulkan permohonan kita," ucap Kades RTB mengakhiri.***


E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex