Kedatangan Logistik Surat Suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Dumai, Gabungan Personil Pamwal Surat Suara Polres Dumai Lakukan Pengawalan Ketat

Ahad, 14 Januari 2024 - 18:39:38 WIB
Share Tweet Google +

Dumai, Catatanriau.com | Polres Dumai memastikan pengamanan berupa pengawalan pergeseran terkait kedatangan logistik surat suara Pemilu 2024 di Pelabuhan Pelindo Perawang.


Personil Pamwal Surat Suara diantaranya Polda Riau, Sat Brimob Polda Riau, Polres Dumai, KPU Kota Dumai, Bawaslu Kota Dumai melaksanakan Penjemputan dan Pengawalan Pergeseran terhadap Mobil Logistik yang memuat logistik Pemilu jenis Surat Suara PPWP, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPRD Kab/Kota untuk Pemilu Serentak Tahun 2024 menuju Gudang Logistik KPU Kota Dumai di Jalan Abdul Rabkhan Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan, Sabtu (13/01/2024).


Hal ini pun dipastikan Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi, S.H yang memimpin langsung Penjemputan dan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024. Disampaikan Sahudi “seluruh logistik Pemilu datang dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Ini dilakukan, sebagai upaya pengamanan, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan”.


Dari pantauan awak media catatanriau di lapangan, Logistik surat suara tersebut dibawa dengan menggunakan 1 (satu) unit mobil truk tronton bermuatan 2 kontainer dengan pengawalan ketat oleh pihak kepolisian, dan diterima oleh Kasubbag Umum, Logistik dan Keuangan KPU Kota Dumai Fani Crystal dengan disaksikan oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag, Sekretaris KPU Kota Dumai Budi Suryono, beserta para Komisioner KPU Kota Dumai,  Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.H.I, M.E.Sy, Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H, Kasat Intelkam Polres Dumai AKP Sarasi Sijabat, S.H.

Jenis logistik Pemilu Tahun 2024 yang datang berupa Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 236.523 lembar, DPD RI sebanyak 236.532 lembar, DPR RI 236.523 lembar, Surat Suara DPRD Provinsi sebanyak 236.523 lembar, dan DPRD Kab/Kota yang terbagi menjadi Dapil Dumai 1 sampai dengan 4 dengan rincian Dapil 1 sebanyak 72.166 Lembar, Dapil 2 sebanyak 65.023 Lembar, Dapil 3 sebanyak 38.190 lembar, dan Dapil 4 sebanyak 65.144 Lembar.

Setelah serah terima, dilakukan pembongkaran muatan disaksikan oleh pihak Kepolisian, Bawaslu dan KPU. Selanjutnya seluruh logistik surat surara disimpan di dalam Gudang Logistik KPU Kota Dumai dalam keadaan terkunci dan mendapat penjagaan oleh personil Polres Dumai.

Disampaikan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si “Kita ingin memastikan seluruh tahapan Pemilu berjalan aman khususnya pendistribusian logistik atau surat suara yang merupakan ‘nyawa’ di Pemilu 2024. Sementara itu, kantor penyelenggara Pemilu yakni KPU Kota Dumai, Gudang Logistik KPU Kota Dumai dan Bawaslu Kota Dumai juga dikawal ketat setiap harinya oleh personel Polres Duma karena tanggungjawab pengamanan Pemilu ada di pundak Polri”

AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si juga mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut aktif mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. Salah satunya dengan menjaga lingkungan dan situasi Kamtibmas tetap aman, damai dan kondusif” tutupnya*** (Ryn).



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex