Terjadi lagi! Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Karya Indah Kampar

Rabu, 02 Agustus 2023 - 10:31:05 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Edison selaku Kepala Seksi Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kampar mengatakan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kampar kembali terjadi di 2 titik tepatnya di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (02/08/2023).

Titik karhutla berada di Jalan Riau Ujung yang berbatasan langsung dengan Pekanbaru. Kebakaran terjadi sejak 31 Juli 2023 hingga saat ini belum padam di titik pertama, muncul di lokasi yang tidak terlalu jauh.

"Api berhasil dipadamkan, tetapi masih mengeluarkan asap. Luasnya kebakaran sekitar 1,5 hektare di titik pertama. Lahan tidur berisi semak belukar dan gambut," kata Edison.

Lanjutnya, "petugas masih mengupayakan pendinginan. Sementara petugas lainnya dipencar ke titik kedua yang masih membara pada 1 Agustus 2023," lanjutnya.

Dua kejadian tersebut kata dia, menjadi kasus ke-12 dan ke-13 di Desa Karya Indah selama 2023. Berdasarkan data BPBD, ada 12 kasus di Kecamatan Tapung sampai Juli 2023. Sebanyak 11 diantaranya di Karya Indah.

Desa yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru tersebut juga menjadi wilayah dengan kasus Karhutla terbanyak di Kampar. Total telah terjadi sebanyak 51 kasus Karhutla di Kampar selama 2023.

"Satu kasus terakhir yaitu di Desa Ridan Permai, Kecamatan Bangkinang Kota dan kebakaran terjadi diatas lahan berisi semak belukar milik warga bernama Eri. Luasnya sekitar 0,25 ha atau 2500 meter persegi." Tukasnya.***

Laporan : Mutia

Editor : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex