Warga Kelurahan Selensen Inhil Keluhkan Bau Busuk Tumpukan Sampah Diseputaran Jalan Sembukan, Ini Kata Lurah

Jumat, 05 Mei 2023 - 20:14:45 WIB
Share Tweet Google +

Inhil, Catatanriau.com | Warga yang bermukim diseputaran Jalan Sembukan, Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, mengeluhkan bau busuk sampah ditempat pembuangan sampah (TPS) milik Pemerintah Kelurahan Selensen yang tampak tidak dikelola dengan baik.

Salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya mengatakan sampah-sampah tersebut dibiarkan tanpa dikelola sebagaimana mestinya sudah berlarut-larut bahkan sejak Kelurahan Selensen masih berstatus Desa.

"Lahannya dulu sudah dibeli Pemerintah Desa Selensen, sekarang Selensen sudah jadi Kelurahan. Kurang lebih sudah sepuluh tahun lebih lah sampah ini menumpuk ditempat ini tanpa dikelola," ungkap warga tersebut kepada catatanriau.com, Jumat (05/05/2023).

Warga sekitar pun mengatakan bahwa mereka cukup merasa terganggu dengan keberadaan sampah tersebut, yang dinilai tidak pada tempatnya.

"Kami merasa terganggu, sebab sangat bau, apalagi bukan hanya sampah Pasar Selensen yang dibuang ditempat ini, masyarakat umum juga buang sampah disini," katanya.

Bahkan, warga tersebut mengklaim terkadang sampah meluber hingga ke jalanan dan mengganggu kenyamanan warga yang melintas.

"Itu sangat bau, makanya kami buatkan pagar, agar orang tidak buang sampah berserakan, dulu sebelum ada pagar sampai kejalan dibuangi sampahnya," katanya lagi.

Selain itu, tumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan tersebut, kata warga sekitar membuat tidak nyaman warga dan dikhawatirkan akan menimbulkan ancaman penyakit.

"Kita khawatir akan ancaman serangan penyakit akibat tumpukan sampah ini. Potensi itu sangat besar terjadi," ujar dia.

Terkait hal ini wartawan catatanriau.com, mencoba melakukan konfirmasi langsung kepada Lurah Selensen Reski Sahputra SSTP MSI, melalui pesan WhatsApp, Reski Sahputra sebut saat ini pihaknya tengah mengupayakan untuk memindahkan TPS tersebut ke lokasi yang jauh dari pemukiman masyarakat.

"Iya pak. Sedang kita upayakan pembuatan TPS baru yang jauh dari pemukiman," tulisnya singkat menjawab konfirmasi Wartawan.****
 

Penulis : Idris Harahap

Editor : Redaksi 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex