Hadiri Pesta Rakyat Suku Karo di Minas, Bupati Alfedri Perkenalkan Marganya Adalah Sembiring 

Ahad, 18 September 2022 - 00:45:44 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menghadiri Pesta Rakyat pagelaran  budaya suku Karo berupa Gendang Guro-guro Aron, di KM 37 Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu malam (17/09/2022).

Hadir menyertai Bupati Alfedri, Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Siak Serasi Ginting, Ketua KNPI Siak Star Tarigan, PLT Camat Minas  Muhammad Darwis,S,Sos, Pj Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari, Danramil Minas Diwakili dan Kapolsek Minas Diwakili.

Kehadiran Bupati Alfedri dalam kegiatan itu disambut dengan tarian kahas adat suku Karo dalam menyambut tamu kehormatan, terlihat ribuan masyarakat yang ada antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Siak itu.

Dalam kesempatan itu Bupati Alfedri juga terlihat ikut Manortor (menari-red) dan memberikan saweran kepada para penari, yang mana hal itu merupakan bagian dari adat suku Karo.

Dalam kesempatan itu Alfedri mengatakan bahwa dirinya sudah dinobatkan menjadi bagian dari suku Karo, sebab kata dia, ia telah diberikan marga dari suku Karo yakni marga Sembiring.

"Saya ini Sembiring karem, pada tahun 2020 kemarin diadatkan di Jambur yang ada di Kampung Perawang Barat, saat itu waktu saya diberikan marga, langsung turun hujan malam itu, artinya betullah bapak ini Sembiring kata mereka kepada saya," kenang Alfedri mengisahkan.

Tak lupa Alfedri juga mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, sebab ia telah diundang dalam kegiatan tersebut, Alfedri mengatakan pihaknya dari Pemkab Siak sangat merasa bangga atas undangan tersebut.

"Semoga pesta rakyat ini berjalan dengan baik, tentunya kita mengapresiasi atas penyelenggaraan pesta budaya adat Karo, kami Pemerintah Kabupaten Siak menyambut baik dengan dilaksanakannya pesta rakyat ini, semoga kedepannya ini bisa dilaksanakan secara terus-menerus dengan suka cita dan semangat kebahagiaan," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Indra Tarigan mewakili panitia pelaksana kegiatan itu menjelaskan bahwa pihaknya dari suku Karo yang ada di Kampung Minas Barat khususnya merasa sangat senang dan bahagia atas kehadiran Bupati Siak dalam memenuhi undangan mereka.

"Pesta rakyat ini seyogyanya kami laksanakan setiap tahun. Namun, tiga tahun belakangan ini tidak kami laksanakan berhubung karena pandemi Covid-19, sehingga kami patuh kepada aturan pemerintah untuk menjaga Prokes, dan Alhamdulillah saat ini sudah bisa kita laksanakan," kata Indra Tarigan.

Indra Tarigan juga menjelaskan, adapun tujuan dari acara tersebut diselenggarakan adalah untuk menggali potensi-potensi adat karo, terutama terhadap muda mudi dari suku Karo itu sendiri.

"Dengan kegiatan ini, kiranya dapat menciptakan sportifitas antara sesama suku Karo beserta pengunjung yang hadir, sehingga kita dapat bersama bergandeng tangan untuk melaksanakan acara ini hingga sukses seperti yang kita harapkan," imbuhnya.

Tak lupa pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak yang menurutnya telah memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat di Kampung-kampung melalui perogram Bupati Ngantor di Kampung (Bujang Kampung -red).

"Dengan adanya perogram itu kami sangat berterimakasih sekali, sebab biasanya kami mengurus berkas kependudukan harus datang ke Siak, namun melalui perogram itu kami cukup datang kekantor penghulu Kampung, semuanya bisa selesai, mudah-mudahan hal ini terus berlanjut dan bapak Bupati dicintai rakyatnya, kemudian Bapak juga mencintai kami sebagai rakyat bapak," pungkasnya.***


Penulis : Idris Harahap

Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex