MENU TUTUP

Hadiri Rakornas P2DD, Bupati Rohul Berharap Diskominfo Tetap Berinovasi Perluasan Layanan Publik

Rabu, 04 Oktober 2023 | 09:09:35 WIB Dibaca : 850 Kali
Hadiri Rakornas P2DD, Bupati Rohul Berharap Diskominfo Tetap Berinovasi Perluasan Layanan Publik

Rohul (Jakarta), Catatanriau.com | Bupati Rokan Hulu (Rohul) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Grand Sahid Jaya, Jalan Jendral Sudirman Kav 86, Jakarta. Selasa (03/10/2023).

Rakornas P2DD untuk tahun 2023 tahun ini mengambil tema "Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju".

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Satgas P2DD pada kesempatan tersebut memaparkan beberapa capaian tugas Satgas P2DD dalam kurun waktu tahun 2022 hingga semester I tahun 2023.

"Implementasi kebijakan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), berdasarkan Survei Indeks ETPD semester I tahun 2023, jumlah Pemerintah Daerah yang masuk kategori Digital mencapai 399 Pemda atau 73,6%. Pemerintah optimis target tahun ini 75% bisa dicapai," ungkapnya.

Masih Menko, Ia menjelaskan terkait penguatan ekosistem ETPD dan peningkatan kinerja Tim P2DD serta inovasi kebijakan P2DD. Dibandingkan tahun lalu, jumlah Pemda yang berpartisipasi dalam evaluasi kinerja tahun pada tahun 2023 ini meningkat menjadi 489 Pemda atau setara 90,2%.

Sementara itu Ma'ruf Amin yang menjabat sebagai Wakil Presiden memberikan arahan untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi di kisaran 6-7% dalam rangka menjaga momentum Indonesia Maju.

“Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut yaitu melalui penguatan teknologi digital. Penguatan teknologi digital menuntut kesiapan di semua lini termasuk Pemda,” ujarnya.

Di tempat yang sama H. Sukiman mengungkapkan sesuai amanat Kepres No. 3 Tahun 2021, P2DD bertujuan untuk mendukung tata kelola keuangan melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah untuk kegiatan transaksi belanja dan pendapatan daerah, serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital.

“Rakornas ini adalah  forum koordinasi percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, dan Pemkab Rohul akan segera menindak lanjuti dengan membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (P2DD) Kabupaten Rohul yang akan ditetapkan dalam keputusan Bupati Rohul dan Sekda Kab. Rohul nantinya yang akan berperan sebagai ketua harian,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Rohul ini juga menyampaikan bahwa nantinya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (P2DD) Kabupaten Rohul dengan pendekatan Collaborative Government dan koordinasi lintas sektoral bersama Diskominfo, diharapkan dapat terus berinovasi untuk pemanfaatan dan perluasan layanan publik dan transaksi keuangan daerah dapat dilakukan secara digital, diantaranya transaksi Pajak dan Retribusi Daerah dapat menggunakan metode QRIS dan memanfaatkan Market Place Lokal maupun Nasional dalam layanan publik dan transaksi keuangan daerah.

“Pemkab Rohul akan melakukan penguatan regulasi perluasan layanan pembayaran Pajak Daerah secara digital. Tentunya berkoordinasi dengan Bank Mitra untuk membuka layanan pembayaran Pajak yang baru," kata Sukiman.

Lanjutnya, disamping untuk memberi kemudahan kepada wajib pajak, tentu juga untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak dan retribusi.

Kepala Diskominfo Rohul melalui Kepala Bidang IKP Rudy Fadrial, S.Sos.M.Si mengatakan bahwa Diskominfo akan segera menindak lanjuti perintah dan arahan Bupati untuk dapat menginisiasi transformasi digital melalui Tim P2DD Kabupaten Rohul.

"Terlebih lagi pada tanggal 17 Agustus 2023 saat Upacara Peringatan HUT RI ke 78  Bupati Rohul juga telah meluncurkan pemanfaatan sertifikasi digital Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam pelayanan publik dan pemerintahan," pungkas Rudy.

Rakornas ini di hadiri Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Ketua Ombudsman, Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kemenko Perekonomian, serta para Gubernur, Bupati, dan Walikota selaku Ketua Tim P2DD.

Untuk Pemkab Rohul yang ikut mendampingi Bupati Rohul Kepala Diskominfo H. Syofwan, S.Sos. yang diwakili Kepala Bidang IKP Rudy Fadrial, S.Sos.M.Si.***


Laporan : E.S.Nst/MC Kominfo



Berita Terkait +

Bupati HM Wardan Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban LKPJ Tahun 2022 Para Persidangan DPRD Inhil

Dihadapan Pimpinan Media, Polri Tegaskan Netralitas Pemilu 2024

Peringatan HPN 2023, Presiden Jokowi : Media Harus Mampu Pertahankan Kebenaran

Bamsoet Apresiasi Capaian Kinerja 100 Hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit

Anugerah MTQ Polri, Kapolri Berharap Terbentuknya SDM Unggul Berakhlak yang Diharapkan Masyarakat 

Tinjau Pabrik Minyak Goreng di Bali, Kapolri Pastikan Stok & Harga Sesuai HET Dipasaran

Polri Siapkan Rekayasa Lalin dan Pengamanan Jalur Delegasi KTT ASEAN

Kejaksaan RI dan Kementerian Investasi/BKPM Bekerja Sama Menyelenggarakan Program Diseminasi Regulasi Investasi

Kapolri Perintahkan Polisi Humanis Sikapi Warga Sampaikan Aspirasi

DENSUS 88 ANTITEROR TANGKAP MUNARMAN

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

2

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

3

Pelantikan Pengurus LPAI Rohul: Dedikasi Baru untuk Perlindungan Anak

4

Afni Resmi Daftar Calon Bupati ke PDIP, Senin ke PKB

5

Jhonny Charles Harapkan Gernas BBI dan BBWI Bisa Tingkatkan Perekonomian Riau

6

Tunggu Pelanggan di Kedai Kopi, Bandar Togel Online Diringkus Satreskrim Polres Inhu