Cegah Corona, Bhabinkamtibmas Minas Barat Sediakan Tong Air Bersih Untuk Cuci Tangan

Jumat, 03 April 2020 - 14:09:40 WIB
Share Tweet Google +


SIAK - Kerja nyata seorang anggota Kepolisian dalam mengayomi dan melindungi masyarakat dilakukan oleh Bripka I.Kataren Bhabinkamtibmas Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

 

Anggota Satuan Polisi Sektor (Polsek) Minas, Polres Siak itu, dalam situasi Pandemi Covid-19 yang kian merebak disejumlah daerah di tanah air, dia pun ikut berpartisipasi secara mandiri untuk mencegah maupun memutus mata rantai penyebaran wabah tersebut.

Bripka I Kataren, dia membuat sebuah tempat cuci tangan dari tong ataupun drum berkapasitas 200 liter air bersih didepan asrama Polsek Minas, atau tepatnya di seputaran Pasar Atas Kecamatan Minas. 

 

"Tujuan kita membuat tanki air untuk wadah air bersih ini, gunanya untuk mencuci tangan dengan sabun, ini adalah salah satu upaya dari kami, khususnya Bhabinkamtibmas Kampung Minas Barat, guna mengantisipasi penyebaran Pandemi Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Minas," kata dia ketika diwawancarai oleh Wartawan, Jumat (03/04/2020).

Dikisahkan dia, sewaktu dia membuat tempat cuci tangan itu, Masyarakat sekitar sangat mendukung, bahkan ingin membantunya, namun ditolaknya, mengingat setatus zona merah Pandemi Covid-19.

 

"Masyarakat ingin membantu saya waktu itu, tapi berhubungan kita tidak boleh saling berdekatan dan bersentuhan jadi saya tolak, dan saya sendiri yang membuatnya," papar dia.

 

Kata dia, nantinya tempat cuci tangan yang dibuatnya itu boleh digunakan oleh siapapun yang ingin mencuci tangan ditempat itu, sebab dianya pun menyediakan sabun cair untuk pembersihnya.

 

"Bagi tamu dan Personil Polsek Minas yang memasuki asrama kita wajibkan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki rumah mereka atau asrama, jadi disini kita sediakan air bersih dengan sabun, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, siapapun dia, yang ingin mencuci tangan disini kita persilahkan." Ucapnya.

Dalam hal ini Bripka I Kataren juga menghimbau kepada masyarakat, agar hendaknya lebih mandiri lagi, yang artinya masyarakat juga dapat membuat wadah air bersih untuk cuci tangan didepan rumah mereka masing-masing, misal dari drum, ember ataupun galon untuk tempat cuci tangan sendiri sebelum memasuki rumahnya masing-masing.

 

"Sebab kita kan tidak tau apakah diluaran sana ada Virus yang menempel ditangan kita, maka sebelum masuk rumah bertemu keluarga hendaknya kita cuci tangan terlebih dahulu agar lebih steril, jadi menurut saya hal ini merupakan salah satu untuk pencegahan virus Corona," pungkasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex