KEMITRAAN Bersama Rel-AKHLAG Simulasi Pembuatan Sumur AKHLAG, Kamis 11 November 2021

KEMITRAAN Bersama Rel-AKHLAG Simulasi Pembuatan Sumur AKHLAG

Jumat, 12 November 2021 - 16:02:04 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : E.P


PELALAWAN, CATATANRIAU.com •  KEMITRAAN  melalui  Program Strengthening Indonesian Capacity for Anticipatory Peat Fire Management (SIAP-IFM) bekerjasama dengan Rel -AKHLAG dalam simulasi praktek Inovasi Pembuatan Sumur Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut ( Sumur AKHLAG) di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan Riau, Kamis (11/11/2021).

 

Pembuatan Inovasi Sumur Antisipasi kebakaran hutan dan lahan gambut ( AKHLAG) di Teluk Meranti diawali pertemuan sosialisasi dan edukasi di
gedung serbaguna kantor camat kecamatan Teluk Meranti .

 

Camat Teluk Meranti Zakirman SH.M.IP, Kapolsek Ipda Fauzi Surya Candra, SIK beserta warga Teluk Meranti, MPA, BPBD, Damkar, Satpol PP Teluk Meranti menyambut Rombongan Kemitraan, Rel - AKHLAG, Kasat Bimas Polres Pelalawan AKP Budi Ikhsani SH, Kalaksa BPBD Kabupaten Pelalawan Rudianto, dan rombongan lainnya termasuk Mr Carl Van Loggerenderg dari KISHUGU Afrika Selatan.

 

"Selamat datang Bapak Ibu dari kemitraan dan rombongan dan bapak kasat bimas polres pelalawan dan seluruh rombongan di kecamatan Teluk Meranti. Teluk Meranti  merupakan sembilan puluh persen lahan gambut yang sangat rawan karhutla. Jadi perlu perhatian khusus dalam pencegahan kebakaran lahan pada musim kemarau," ungkap Camat.

 

Harapan Camat,  "Semoga dengan kegiatan pembuatan sumur Akhlag akan menjadi salsh satu solusi yang bisa membantu pencegahan kebakaran lahan di Teluk Meranti.
Kami telah memberi perintah pada Tiap desa untuk menganggarkan pembuatan sumur Akhlag ini agar dapat juga sebagai antisipasi, pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Semoga berhasil," harap Zakirman.

 

Kalaksa BPBD Pelalawan Rudianto menyampaikan Antisipasi Kebakaran lahan dan hutan  perlu kerja keras. Kolaborasi kita bersama untuk saling mengingatkan masyarakat terhadap dampak karlahut. Kita harus utamakan pencegahan dari penanggulangan. Maka kita perlu untuk pencegahan terhadap kebakaran itu. Upaya praktek pembuatan sumur AKHLAG diharapkan jadi salah satu antisipasi Karlahut.

 

Kasat Binmas Polres, AKP Budi Ikhsani SH, menyampaikan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap bahaya membuka lahan dengan cara membakar. Dapat merjerat  diri sendiri dan merugikan orang banyak. Jangan sampai masyarakat kita terjerat dengan hukum. Ayo kita upaya dengan praktek Sumur AKHLAG.

 

Tim Kemitraan Hariyono, Erly Sukrismanto dan Carl Loggerenberg KISHUGU merasa bersyukur hadir di Teluk Meranti yang terpilih menjadi contoh untuk pembuatan sumur Akhlag dari kemitraan.

 

Pembuatan Sumur Akhlag pada dua tempat di sekitar kantor camat Teluk Meranti dan di sekitar Kantor Kelurahan Teluk Meranti. Tim dibagi 2 dipimpin Ipda Samosir dan Edward Pangaribuan MSi bersama  Salmiati Phd melibatkan semua yang hadir di pertemuan itu.

 

Simulasi pembuatan Sumur Akhlag berhasil dan menjadi kegembiraan bagi camat, lurah, peserta, Kemitraan, BPBD dan termasuk Carl Loggerenberg KISHUGU. ****


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex