Peringati Maulid Nabi & Sumpah Pemuda, SMP N 4 Minas Gelar Ragam Perlombaan

Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:44:41 WIB
Share Tweet Google +

Reporter : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com • Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) 1443 Hijriah dan peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober disetiap tahunnya, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 4 Minas menggelar kegiatan ragam perlombaan untuk para siswa-siswi disekolah tersebut.

 

"Untuk Maulid Nabi kita laksanakan Rabu (27/10) kemarin, dan hari ini kita melaksanakan kegiatan peringatan sumpah pemuda," ujar Noviana, SP, MPd, kepada wartawan media ini, Kamis (28/10/2021).

 

Noviana juga menjelaskan, dikarenakan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih merebak, selama ini kegiatan di sekolah tersebut sempat terhambat karenanya, namun kali ini pihaknya pun mencoba untuk memulai melakukan kegiatan positif tersebut dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ada.

 

"Jadi dalam dua peringatan ini tidak semua anak didik kita yang mengikutinya, mereka hanya mengikuti sesuai dengan shift-nya, jadi hari ini yang hadir shift bagian B, untuk peringatan Maulid Nabi kemarin diikuti oleh siswa yang shift bagian A, jadi semuanya dilakukan sesuai dengan prokes Covid-19," jelasnya.

Noviana juga menjelaskan, dilaksanakannya peringatan sumpah pemuda tersebut bertujuan untuk kembali menggali potensi siswa siswi yang ada di sekolah tersebut.

 

"Dikarenakan pandemi ini selama ini kita tidak bisa melihat apa potensi anak didik kita, terutama untuk anak kelas tujuh, namun ternyata dengan adanya momen ini, para anak didik kita sangat banyak memiliki kemampuan, baik dibidang akademis maupun non-akademis," katanya.

 

Lebih jauh dipaparkannya, dalam peringatan sumpah pemuda ini sendiri, pihaknya mengadakan tiga jenis perlombaan, diantaranya seperti lomba cipta baca puisi, lomba mendongeng dan lomba poster.

 

"Perlombaan yang kita buat ini merupakan Perlombaan yang sering diperlombakan baik itu dalam giat FLS2N maupun lainnya. Jadi disini kita mencari bakat dan kemampuan siswa siswi kita, jadi jika ada perlombaan ditingkat Kecamatan ataupun Kabupaten kita bisa langsung mengirim siswa tersebut,"  kata dia.

 

Adapun yang menjadi tema dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini lanjut Noviana, ialah dengan semangat sumpah pemuda kita berantas bullying, dan kita tingkatkan kreativitas melalui lomba cipta dan baca puisi, mendongeng serta poster.

 

"Anak-anak sangat antusias sekali mengikutinya, rata-rata setiap kelas mengirim peserta untuk mengikuti setiap tiga lomba ini," katanya.

 

Adapun untuk peringatan Maulid Nabi SAW tersebut kata dia, pihaknya pun mendatangkan penceramah dari Kecamatan Tualang yakni Ustadz Kondang Candra Harahap, dengan tema dengan memperingati Maulid Nabi, mari kita teladani akhlak dan budi pekerti Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Maulid ini kita gelar bertujuan agar anak-anak didik kita dapat meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Terlebih saat ini anak-anak sudah banyak yang berkurang sifat akhlak dan budi pekerti, jadi dengan Maulid Nabi ini kita kembali mengingatkan kepada siswa untuk meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad," pungkasnya.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex