Antisipasi Terjadinya Hambatan Jelang ANBK, Asmuni Ajak Seluruh Kepsek Tingkat SD Rapat Koordinasi

Kamis, 21 Oktober 2021 - 12:21:13 WIB
Share Tweet Google +

Reporter : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com • Asmuni Syamsir MP.d, selaku kepala kordinator wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Minas, Kabupaten Siak. Ia mengajak seluruh Kepala Sekolah ditingkat Sekolah Dasar (SD) untuk melakukan rapat koordinasi evaluasi kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

 

"Beberapa hari yang lalu telah kita laksanakan persiapan simulasi ANBK untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), selama pelaksanaan simulasi semua berjalan dengan baik. Dan hari ini kita kumpulkan semua Kepala Sekolah ditingkat SD untuk meminta masukan-masukan apa yang menjadi hambatan selama pelaksanaan simulasi ANBK kemarin digelar," kata Asmuni Syamsir MPd, kepada Wartawan media ini seusai melakukan rapat tersebut di SD N 04 Minas, Kamis (21/10/2021).

Adapun hasil laporan yang didapatkan melalui rapat koordinasi tersebut lanjut Asmuni, ternyata kata dia, dari 12 SD Negri dan 1 SD swasta yang ada di Kecamatan Minas, 3 SD diantaranya mengeluhkan permasalahan jaringan internet yang belum memadai.

 

"Kemudian juga ada keluhan mengenai sarana, dan ada 3 sekolah yang mengeluhkan fasilitas jaringan internet, sebab mereka masih menggunakan jaringan hotspot, mereka belum menggunakan jaringan WiFi," paparnya.

 

Oleh karena itu lanjut Asmuni, pihaknya pun meminta kepada pihak sekolah yang masih merasa terkendala dengan fasilitas internet, agar menjelang hari pelaksanaan ANBK nanti diminta sejumlah sekolah tersebut sudah mempersiapkan fasilitas jaringan WiFi, untuk kelancaran proses ANBK itu sendiri.

 

"Dengan demikian diharapkan tidak menjadi suatu kendala yang berat dilapangan nantinya, sebenarnya jauh hari fasilitas WiFi ini sudah dipersiapkan mereka, namun dikarenakan kondisi seperti saat ini, pihak pemasangan jaringan memiliki banyak pesanan itu kendalanya, namun demikian Insya Allah menjelang hari H seluruh sekolah di Minas ini sudah memiliki jaringan WiFi," bebernya lagi.

 

Lebih jauh dipaparkan Asmuni, adapun masalah lainnya seperti terjadinya pemadaman listrik PLN saat proses ANBK berlangsung, hal ini sudah diantisipasi oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Siak dengan cara menyurati pihak PLN agar tidak melakukan pemadaman saat pelaksanaan ANBK digelar nantinya.

 

"Kita juga sudah sampaikan, seminggu seblum hari H nanti, pihak Dinas Pendidikan akan menyurati PLN, untuk memberikan informasi bahwa kegiatan ANBK akan dilaksanakan, tentunya diminta agar pihak PLN juga bisa membantu kita," katanya lagi.

 

Untuk tahap pelaksanaannya sendiri lanjut dia, ANBK gelombang 1 dan 2 akan mulai dilakukan pada tanggal 15 hingga 18 November 2021 mendatang. Adapun untuk gelombang 3 dan 4 akan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 25 November 2021 mendatang.

 

"Jadi ada 4 gelombang, untuk Minas sendiri yang melaksanakan 4 gelombang ini hanya di SD N 09 saja, hal ini dikarenakan sarana yang belum memadai disekolah itu, seperti komputer ataupun laptop, sementara anak yang akan mengikuti disekolah itu sebanyak 35 anak. Jadi dari semua SD yang ada di Minas hanya SD N 09 yang melaksanakan 4 gelombang, lainnya 2 gelombang," terangnya.

 

Diakhir dipaparkan Asmuni, dengan diselenggarakannya rapat koordinasi tersebut, diharapkan pada pelaksanaan ANBK nantinya tidak ada terjadi suatu hambatan yang berarti.

 

"Sebab kita juga sudah evaluasi pihak sekolah dan mereka sudah mempersiapkan sarana pelaksanaan ANBK itu. Disini kita berharap semuanya dapat dukungan, terutama dukungan dari orang tua peserta didik, sebab anak kita yang mengikuti ANBK ini bukan pihak sekolah yang menentukan, namun nama-nama pesertanya ditentukan langsung oleh Kemendikbud RI," pungkasnya.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex