Perbaikan jalan di Kotabatak oleh PT PHR untuk memperlancar operasi migas dan memberikan manfaat bagi akses masyarakat.

Mulus, PHR Gerak Cepat Perbaiki Jalan di Kota Batak Kampar dan Sambungkan Akses Masyarakat

Senin, 15 Januari 2024 - 12:24:18 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatatanriau.com | PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan memberikan perhatian serius dalam menyediakan akses yang layak dan lancar, baik untuk operasional PHR maupun untuk konektivitas masyarakat. PHR kembali memperbaiki jalan di wilayah Kota Batak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang sempat mengalami kerusakan.

Jalan tersebut merupakan perlintasan kendaraan operasi migas untuk mendukung ketahanan energi nasional. Meski demikian, warga juga menggunakannya sebagai akses penghubung dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Hal ini merupakan dampak langsung yang dirasakan masyarakat dengan adanya jalan operasi tersebut, sehingga dengan dilakukannya perbaikan ini diharap dapat memperlancar aktivitas baik dari PHR maupun masyarakat tersebut.

Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto mengajak masyarakat dan seluruh pengguna jalan yang merupakan akses operasi migas agar bersama-sama menjaga dan memelihara jalan tersebut. "Mari kita jaga bersama dan pelihara akses jalan yang sudah bagus ini. Manfaatnya tentu akan kita rasakan bersama dalam jangka waktu yang panjang,” ujarnya.

Jalan operasi milik PHR tersebut, seharusnya diperuntukkan bagi kendaraan operasi dalam mendukung ketahanan energi. Namun kini, akses jalan juga digunakan oleh kendaraan bertonase berat atau over dimension over load (ODOL) sehingga rawan terjadinya kerusakan dan menjadi keluhan bagi masyarakat. Untuk itu, PHR mengajak warga untuk sama-sama menjaga dan mengawasi peruntukannya sehingga tidak dilewati kendaraan dengan tonase yang lebih dari 20 ton.

“Angkutan sawit atau barang lainnya sebaiknya memperhatikan berat beban kendaraan agar jalan dapat lebih tahan lama. Semoga jalan operasi PHR yang ada di Blok Rokan ini dapat membawa manfaat luas bagi masyarakat, digunakan dengan baik dan dapat bertahan lama sesuai harapan bersama,” tuturnya.

Sebagai informasi, sepanjang 2023 PHR turut berkontribusi dalam upaya menyediakan dan merawat akses jalan yang digunakan baik untuk kegiatan operasional PHR maupun untuk masyarakat umum di WK Rokan. Total selama tahun 2023, PHR melakukan perbaikan dan perawatan jalan di WK Rokan sepanjang 7.365 kilometer (km).

Rudi menambahkan, upaya perbaikan dan perawatan infrastruktur, terutama jalan merupakan komitmen PHR untuk memberikan akses yang baik dan lancar digunakan, baik untuk PHR sendiri maupun bagi masyarakat. 

"Dengan perbaikan-perbaikan yang kita lakukan, kita berharap kegiatan operasi untuk penyediaan dan ketahanan energi berlangsung aman, lancar dan masyarakat turut terbantu," tuturnya.

Di sisi lain, PHR juga melakukan perbaikan jembatan/culvert di 169 lokasi. Selain itu, PHR juga melakukan perawatan kanal sepanjang 363 km dan saluran air sepanjang 599 km.***


Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex