Selalu Tingkatkan Layanan Berbasis Elektronik, Pemkab Kampar Raih Nilai 2,96 Kategori Baik Dari Menpan RB

Ahad, 14 Januari 2024 - 22:09:40 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 Kabupaten Kampar Provinsi Riau Naik menjadi 2,96 dengan Kategori Baik. Hasil tersebut diperoleh dari Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tanggal 11 Januari 2024 yang diterima Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Irwan AR Pada hari Jum’at (12/1/2023).

Kepala Dinas Kabupaten Kampar Irwan AR didampingi oleh Kabid E-Government Irwan Muhammad mengatakan SPBE Kabupaten Kampar Tahun 2023 Naik dari tahun sebelumnya dengan Kategori Cukup.

Diminta Keterangan melalui Tim Liputan Diskominfo Kampar Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar Irwan AR mengatakan bahwa Alhamdulillah Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kampar naik jadi baik dengan nilai 2,96 dari tahun sebelumnya dengan nilai 2.22  dan predikat  cukup.

“Predikat baik dalam hasil evaluasi SPBE itu, tertuang pada Surat Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI Nomor 13 Tahun 2024, tentang hasil evaluasi SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah tahun 2023.”ungkapnya.”

Dijelaskannya, SPBE merupakan upaya mewujudkan digitalisasi pada sistem pemerintahan, hal ini tidak hanya menyangkut aplikasi tapi juga berbagai hal yang dapat menciptakan efisiensi dan efektifitas melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Indeks SPBE Kab. Kampar naik karena telah terpenuhinya beberapa syarat yang menjadi poin evaluasi pada SPBE. Untuk ke depan diperlukan peningkatan terutama pada domain Tata Kelola dan Manajemen SPBE.”tegasnya.”

"Kita mengucapkan terima kasih atas komitmen pimpinan dan dukungan instansi terkait sehingga Indeks SPBE Kampar naik jadi baik.”tutupnya.”

Dalam hal itu juga dijelaskan oleh Kabid E-Government Irwan Muhammad mengatakan bahwa Alhamdulillah upaya dan kerja keras kita semua, termasuk dukungan Kepala Dinas dan Kepala OPD lainnya berbuah hasil.

“Indeks SPBE menunjukkan bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum sudah berjalan efektif dan efisien.”ungkapnya.”

Irwan Muhammad yang juga sebagai Kabid E-Government juga menyampaikan bahwa Untuk mencapai pemerataan penigkatan dari semua aspek evaluasi, diperlukan dukungan kebijakan terutama dalam hal infrastruktur dan audit TIK. Mudah mudahan kita dapat segera membangun jaringan intra pemerintah di kab. Kampar.

“terbangunnya infrastruktur jaringan intra pemerintahan dan akses internet yang handal dapat mendukung layanan SPBE di seluruh organisasi atau instansi pemerintahan di Kabupaten Kampar.”

“Semoga dengan kerja keras kita semua layanan SPBE di Kabupaten Kampar selalu meningkat demi mewujudkan pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dengan pengelolaan data dan informasi yang berkualitas.”tutupnya.”
( Irwan Ocu Bundo).



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex