Babinsa Koramil 03/Minas Lakukan Pengecekan Dan Pendataan Warga Serta Lahan Pertanian Yang Terkena Banjir Di Sei Mandau

Selasa, 02 Januari 2024 - 12:34:26 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Serda Holmes Pasaribu Babinsa Koramil 03/Minas Kodim 0322/Siak melakukan pengechekan kerumah-rumah warga yang terkena musibah banjir, tepatnya di wilayah RT 09/RK 05 dan RT 10/ RK 05 Dusun Tanah Bagus, Kampung Muara Kelantan, Kacamata Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (02/01/2023) sekira pukul 11.55 WIB.

Dijelaskan Serda Holmes Pasaribu, banjir yang terjadi tersebut akibat dampak dari tingginya curah hujan beberapa hari ini yang mengakibatkan luapan air dari sungai  hingga berdampak terhadap beberapa pemukiman penduduk dan lahan pertanian tergenang air.

"Dengan ketinggian air tidak merata kurang lebih 10 cm sampai dengan 40 cm yang mengakibatkan terganggunya aktivitas Warga dan terendamnya  lebih kurang 19 KK rumah warga di Kampung Muara Kelantan," ungkap Serda Holmes Pasaribu.

Setelah dilakukan pengechekan lanjut Serda Holmes, kondisi terakhir debit air di RT 09/RK 05 tepatnya pada areal persawahan masih belum berkurang ketinggian air dikarenakan letaknya lebih rendah dibandingkan yang lain. Sementara kata dia, debit air di RT 10/RK 05 juga masih belum surut.

"Masyarakat tidak bisa bekerja di lahan pertanian seperti biasanya di areal yang terdampak banjir dan tetap tinggal di rumah masing masing, dan ada juga yang mengungsi di tenda pengungsian yang di sediakan oleh BPBD Siak dan Rumah warga yang tidak terkena banjir," ucapnya.

Dalam hal ini Babinsa pun ikut melakukan upaya-upaya dapam penanganan banjir seperti melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir, mendata lahan pertanian masyarakat yang terdampak banjir yang kata Serda Holmes Pasaribu lebih kurang seluas 150 hektar.

"Kita juga mengkoordinasikan denga aparat Desa tentang upaya penanggulangan banjir saat ini, kemudian melaksanakan patroli serta memonitor wilayah-wilayah  lain yang rawan dampak banjir dan mengingatkan warga selalu antisipasi dan waspada apabila terjadi banjir susulan," tuturnya mengakhiri.***


Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex