Didampingi Camat Minas, Babinsa dan penghulu Minas Barat saat melakukan sosialiasi Karhutla Kepada seluruh kepala dusun ketua RK dan RT di kampung itu.

Kabut Asap Kian Pekat, Penghulu & Babinsa Minas Barat Sosialisasikan Bahaya Karhutla Kepada RK/RT

Senin, 09 September 2019 - 12:16:40 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK, CATATANRIAU.COM- Sehubungan dengan kian pekatnya kondisi bencana kabut asap di wilayah kecamatan Minas khususnya, Penghulu beserta Babinsa Kampung Minas Barat, mereka melakukan sosialiasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kepada segenap ketua RK dan RT sekampung itu, Senin (09/09/19) pagi tadi.

 

 

Dalam giat itu penghulu dan Babinsa mereka mengingatkan kepada kepala dusun (Kadus) Ketua RK maupun Ketua RT agar senantiasa menghimbau maupun mengingatkan kepada seluruh warga yang ada di wilayah mereka masing-masing agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

 

 

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kampung Minas Barat terutama kepada para ketua RT sebab mereka merupakan pendamping ditengah-tengah masyarakat." Kata Ayang Bahari, Penghulu Kampung Minas Barat.

 

 

Menurut dia, sosialisasi itu dilakukan bertujuan agar tidak ada lagi warga yang melakukan pembakaran lahan, sehubungan dengan cuaca  yang sangat tidak sehat seprti saat ini, "sebab berdasarkan informasi yang kami peroleh kabut asap di Minas ini sudah masuk level berbahaya bagi kesehatan, sehingga anak-anak sekolah seluruhnya diliburkan." Terang Dia.

 

 

 

Sementara itu Babinsa Minas Barat Sertu Indra dalam giat itu diapun mengingatkan hal yang senada dengan penghulu kampung Minas Barat. "Dalam hal ini kita menghimbau kepada ketua RK dan RT serta para kepala dusun di kampung Minas Barat ini, agar mengajak setiap warga mereka masing-masing supaya tidak membuka lahan dengan cara dibakar," Kata Sertu Indra.

 

 

 

Sebagaimana diketahui kata dia, seprti kondisi saat ini bencana asap di wilayah provinsi Riau, Kata dia sudah masuk dalam skala Nasional bahkan Internasional. "Dalam hal ini saya berharap kepada ketua RK maupun RT mereka mau berperan sebagai mata dan telinga bagi Babinsa diwilayah mereka masing-masing, jika ada kejadian diharapkan langsung menghubungi saya sebab Hp saya 24 jam aktif. Selagi api masih kecil harus cepat kita matikan agar tidak meluas hingga menambah parah bencana asap ini." Imbuhnya.

 

 

 

Kegiatan itu juga tampak dihadiri langsung oleh Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP Msi beserta seluruh kepala dusun ketua RK dan RT Sekampung Minas Barat.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex