Atasi Banjir, DLH Rohil Lakukan Normalisasi Saluran Air Pelabuhan Baru Menuju Ke SMA Negeri 2

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 18:50:50 WIB
Share Tweet Google +

Rohil, Catatanriau.com | Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas lingkungan hidup Rohil terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi banjir yang terjadi di Bagan siapi-api dan sekitarnya, dalam upaya tersebut, Dinas lingkungan hidup Rohil yang di pimpin Suwandi melakukan aksi nyata dengan melakukan Normalisasi saluran air mulai dari pelabuhan baru menuju SMA negeri 2 Bangko.

"Kami dari Dinas lingkungan hidup kabupaten Rokan Hilir melalui Tim Satgas yang berjumlah sebanyak 60 orang, dalam satu Minggu ini sedang melakukan upaya- upaya dalam hal mengurangi debit air yang ada di pelabuhan baru dan sekitarnya," Kata Suwandi S.Sos Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Sabtu (21/10/2023).

Lanjut Suwandi, Kemaren kami juga sudah melakukan kerjasama dengan Dinas PU dan BPBD. PU sedang menggali normalisasi saluran dari pelabuhan baru menuju SMA Negeri 2, dimana dalam dua tiga hari ini kami sedang melakukan upaya pembersihan alternatif lain untuk  normalisasi aliran air ini mulai dari pelabuhan baru menuju ke jalan Baik baik.

"Tadi kami juga sudah menurunkan alat berat  berupa Beko mini untuk melakukan normalisasi sungai garam , karena kita tau sungai garam itu adalah salah satu sumber aliran air  kota, baik itu dari gajah mada, jalan Baik baik, kemudian  dijalan tugu, jalan selamat, jalan bahagia dan sebagainya  sehingga kami lakukan pendalaman dengan normalisasi hingga sampai ke SMA negeri 2, Mudah mudahan dengan normalisasi yang kami lakukan ini, debit air yang ada dilokasi sini dan juga di tempat tempat yang lainnya lebih berkurang dari yang ada pada saat ini," Ucap Suwandi.

Disamping itu, Suwandi juga meminta peran serta masyarakat dalam mengatasi permasalahan banjir agar tidak terjadi lagi dengan cara menjaga lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan. " Karena Peran serta masyarakat lebih penting menjadi solusi awal, ketika pemerintah juga mempersiapkan solusinya. Mari sama sama kita menjaga lingkungan agar tetap bersih, dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan," Ajak Suwandi.***

Laporan : Tiyna



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex