Kejari Inhu Laksanakan Upacara Puncak Peringatan Hari Bhakti Adiyaksa Ke-63

Sabtu, 22 Juli 2023 - 10:14:14 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Bertempat di Lapangan Upacara Kantor Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, Honorer dan Ketua IAD beserta Anggota IAD wilayah Indragiri Hulu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 Tahun 2023. Tema pada Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 Tahun 2023 kali ini adalah "Penegakan Hukum Yang Tegas Dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional, Sabtu (22/07/2023).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu (Romiyasi, S.H.) selaku Inspektur Upacara, Selaku Perwira Upacara Kasi Intelijen (Arico Novi Saputra) serta selaku Komandan Upacara Kasubsi Penuntutan (Dolly Hutapea) Rangkaian Upacara diawali dengan penghormatan umum yang dipimpin oleh Komandan Upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Korps Adhyaksa, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan Tri Krama Adhyaksa dan pembacaan Core Value ASN BerAKHLAK.

Pada amanat inspektur upacara, Kajari Indragiri Hulu membacakan amanat Jaksa Agung RI (Dr. ST. Burhanuddin, S.H., M.H.) Pada Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63.

"Penegakan Hukum memegang peranan yang krusial dalam semua lini kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta melibatkan banyak hal, karena kepastian hukum merupakan usaha yang dilakukan oleh aparatur negara dalam mewujudkan ide-ide keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum menjadi kenyataan.", ujar Romiyasi saat membacakan amanat Jaksa Agung RI.

Lebih lanjut, Romiyasi menyampaikan terkait dukungan Kejaksaan dalam pelaksanaan pembangunan secara tersurat diatur dalam Pasal 30 huruf b Undang - Undang RI Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan RI yang menyatakan bahwa bidang intelijen berwenang untuk menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan.

"Penegakan hukum yang tegas hanya dapat dilakukan ketika tangan-tangan kita bersih dan tidak tersandera dengan berbagai konflik kepentingan. Tanpa pikiran dan hati yang bebas dari belenggu kepentingan, penegakan hukum hanya akan dilakukan secara tebang pilih berdasarkan kepentingan mana yang diwakilinya dan akan terbebani dalam pengambilan keputusan secara objektif", terang Romiyasi.

Pada penghujung upacara, dilakukan pembacaan doa dan penghormatan umum kepada inspektur upacara. Sepanjang pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 tersebut suasana berlangsung dalam keadaan khidmat dan seluruh peserta upacara mengikuti setiap rangkaian hingga akhir dengan tertib dan teratur.

Seusai pelaksanaan upacara, Kajari dan jajaran turut mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 yang bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ragunan, Jakarta Selatan. Upacara tersebut dihadiri oleh Presiden RI (Ir. H. Joko Widodo) selaku Inspektur Upacara, Jaksa Agung RI dan jajaran Kabinet Indonesia Maju secara virtual.

Dalam keterangannya dengan pers, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu (Arico Novi Saputra, S.H.) menyampaikan bahwasanya Upacara yang dilaksanakan pada pagi hari ini merupakan agenda utama pada Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 Tahun 2023 yang dilaksanakan seluruh satuan kerja Kejaksaan RI.

"Pada pagi hari ini, Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 Tahun 2023 yang menjadi momentum bagi kami untuk melakukan evaluasi dan peningkatan atas semua pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kurun waktu setahun terakhir. Seperti yang kita ketahui, kepercayaan publik pada institusi Kejaksaan RI telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan berdasarkan survei nasional pada kategori kepercayaan terhadap lembaga negara dimana Kejaksaan RI menempati urutan pertama diantara institusi penegak hukum lainnya yakni dengan angka persentase sebesar 81,2 persen. Tentunya predikat ini juga menjadi turut menjadi pemicu semangat jajaran Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu dalam hal peningkatkan performa kinerja serta pemberian pelayanan prima pada masyarakat." tutup Arico.(Rls)

Laporan : S.A Pasaribu 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex