Berikan Pengamanan, Kapolsek Minas Hadiri Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional di Tahura

Ahad, 14 Agustus 2022 - 12:20:21 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH menghadiri acara peringatan hari konservasi alam nasional bersempena peringanan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Riau ke-65 Tahun yang diselenggarakan di Tahura (Taman Hutan Raya) Sultan Syarif Hasyim Minas Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Ahad (14/08/2022) pagi.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar itu juga diikuti oleh Kapolda Riau diwakili Dir Lantas Polda Riau Kombes Firman Darmansyah,SI.K, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau Makmun Murot, serta Walikota dan Bupati Se-Riau dan sejumlah aparatur negara hingga tokoh masyarakat dan Ormas yang mencapai kurang lebih 1000 orang peserta.

"Dilaksanakannya Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional ini adalah bertujuan, untuk  mengkampanyekan dan mengajak masyarakat Provinsi Riau Khususnya Kecamatan Minas agar berperan aktif dalam menjaga ekosistem alam, Serta mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam, menjaga kelestarian lingkungan dan hewan dari kepunahan  sehingga konservasi dapat menjadi bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa Indonesia dan juga menumbuhkan kembali kecintaan masyarakat terhadap alam dan budaya nusantara, serta menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dikarenakan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi," ujar Kompol Sawaluddin Pane SH.

Selain itu kata dia giat ini juga dilakukan untuk membuat masyarakat terutama generasi muda yang mulai meninggalkan budaya asli nusantara. Dimana Budaya Indonesia sendiri dikenal sangat lekat dengan alam, dan juga bisa dikatakan bahwa alam yang kita nikmati saat ini merupakan hasil warisan pendahulu bangsa yang mampu menjaga alam melalui gaya hidup selaras dengan alam.

"Konservasi sumber daya alam hayati (tumbuhan dan satwa) serta ekosistemnya dilakukan melalui kegiatan perlindungan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alami hayati dan ekosistemnya," jelasnya.

Kemudian lanjut Kapolsek, dalam sambutannya Gubernur Riau menyampaikan bahwa masyarakat juga bisa mendukung gerakan Hari Konservasi Alam sendiri dengan berkontribusi langsung menjaga lingkungan.

Adapun Kontibusi yang dilakukan sendiri adalah bisa dari berbagai hal kecil di antaranya sebagai berikut, Kurangi penggunaan plastik, Hemat listrik, Hemat Air, Lakukan Daur ulang dan Kurangi sampah elektronik.

"Selama kegiatan berlansung dilakukan pengamanan oleh Personil Polres Siak yg dipimpin oleh Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane,SH dan sekira pukul 11.30 WIB, kegiatan ini telah selesai dilaksanakan dan selama kegiatan berlansung situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali," pungkasnya.***


Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex