MENU TUTUP

Sekilas Tentang H. Mafirion oleh Karta Atmaja, Putra Kuansing Pernah Duduk di Bangku DPR-RI

Selasa, 24 Oktober 2023 | 22:54:27 WIB Dibaca : 1352 Kali
Sekilas Tentang H. Mafirion oleh Karta Atmaja, Putra Kuansing Pernah Duduk di Bangku DPR-RI

Pekanbaru, Catatanriau.com |  H. Mafirion, Putra asli desa Jake, kabupaten Kuansing, seorang Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Satu satunya orang Kuansing pernah menjadi anggota DPR RI.

Anak dari salah seorang pendiri Kabupaten Kuansing itu, dilantik oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam Rapat Paripurna ke-20 Masa persidangan IV Tahun Sidang 2017-2018, di Jakarta, Selasa (20/3/2018).


Politikus PKB, H. Mafiron dilantik sebagai anggota DPR Pergantian Antar Waktu (PAW). Lukman Edy yang mengundurkan diri karena ikut bertarung pada Pilgub Riau 2018 pada waktu itu.

Kini, Pileg 2024, H. Mafirion kembali ikut berjuang untuk merebut bangku DPR RI melalui pemilih Dapil Riau 2, yakni, kabupaten Kampar, kabupaten Kuansing, kabupaten Pelalawan, kabupaten Inhu dan kabupaten Inhil.

"Menurut saya, saat ini H. Mafirion masih 'terkuat' diantara Caleg DPR RI asal Kuansing, seperti H. Sukarmis, Hj. Komperensi, M.Si dan Aherson, M. Si."Ucap Karta Atmaja wartawan Centroriau.id itu saat dijumpai di Pekanbaru, Selasa, 24 Oktober 2023. Malam WIB.

"Selama lebih kurang dua tahun H. Mafirion di DPR RI telah banyak membawa Pemuda asal Kuansing lewat aspirasi nya untuk didik melalui Balai Latihan Kerja untuk prasarana dan sarana tempat pelatihan agar mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing. BLK merupakan jenis Lembaga Pelatihan Kerja yang dikelola Dinas Tenaga Kerja di daerah sesuai Permenaker,"Jelas Karta Atmaja sambil memegang Camera terbarunya Canon EOS R50 yang rilis Maret 2023 itu.

"20 Pemuda di Setiap kecamatan di Kuansing sekarang telah terampil dan produktif pada bidangnya masing-masing. Dulu ada pelatihan, perbengkelan, listrik, mekanik las ke Solo, Banten dan daerah lainnya di Pulau Jawa.

Saat ditanya kepada Karta, Apakah H. Mafirion itu Putra Kuansing?

Kemudian, Karta Atmaja agak meradang terkait pernyataan Awak Media itu, ia langsung menjawab, "O, iyalah! istri H. Mafirion juga asli Kuansing, keluarga besarnya di Kenegerian Kari dan Pebaun, sedangkan H. Mafirion sendiri Datuaknya berasal dari Jolok Sungai desa Pulau Lancang Simandolak yang dulunya berkebun ke desa Jake, cerita itu saya dengar langsung dari Ayah H.Mafirion itu sendiri. H. Syamsuddin,"Jelas Karta Atmaja Jurnalis Alumni Tempo Institute 2018 itu.

"Tapi memang iya, Alm Ibu Kandung H. Mafirion itu orang kita Pulau Kijang Inhil, tapi bagaimana perasaan Ayahnya, jika anaknya tidak disebut orang Kuansing, waduh! sedih juga tuh."ucap Karta agak menengadah ke langit sambil melihat awan bersisik.

Karta Atmaja juga mengaku selalu "bergerak" untuk pemenangan H. Mafirion pada Pileg 2024 di Kabupaten Kampar,"Kalau saya sekarang sibuk di Kampar, jadi agak jarang ke Kuansing. Fokus Kampar dulu. Kalau Masyarakat Kuansing saya rasa telah membulat pilih H. Mafirion untuk DPR RI dari Partai PKB pada 2024 nanti,"Tutup Karta Atmaja dengan senyuman menggumam.

Penulis: Budi Andrian

Laporan : Ayub



Berita Terkait +

Hari ke-4 Tim Gabungan Satgas Karhutla Kabupaten Kampar Masih Berjibaku Memadamkan Api

Bersama Tim Serta Warga Binaan, Babinsa Serka Risman Girsang Patroli Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Wilayah Sungai Selodang

KKN/UP Bangkinang Sambangi Anak Yatim di Lingkungan Tanjung Kelurahan Pasir Sialang

Pembangunan Jalan Kampung Pinang-Teluk Jering tingkatkan Kunjungan Wisatawan & Ekonomi Masyarakat

Luar Biasa,  Desa Koto Masjid Raih Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023, Pj Bupati Kampar Mhd. Firdaus Ucapkan Selamat

Polsek Minas Polres Siak Polda Riau Melalui Bhabinkamtibmas Berikan Bantuan Kepada Warga Yang Menderita Sakit

Pimpinan Cabang GP Ansor Pelalawan Distribusikan Bantuan Prokes PP Siak

Babinsa Koramil 06 Kateman Sosialisasi Kepada Warga Pentingnya Prokes Covid-19

Jaga Keamanan OVN di PT PHR Minas, 3 Orang Anggota Koramil Minas Ini Tetap Continue Lakukan Patroli di 4 Lokasi Drilling 

Kapolsek Kerumutan Ikut Goro di Desa Beringin Makmur

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kopi Boi Tawarkan Nobar Seru Indonesia vs Uzbekistan

2

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

3

Dihadiri Arwin AS, LLMB Deklarasi Dukung Afni di Pilkada Siak

4

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

5

Lapas Pasir Pengaraian Gelar Upacara Peringatan HBP Ke 60 Tahun 2024

6

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti