Terlihat Peserta didik SMPN 4 Minas mengenakan gaun yang terbuat dari bahan bekas dalam festival budaya internasional HUT Siak Ke 20.

SMPN 4 Minas Wakili Kecamatan Tampilkan Fashion Show Dalam Pawai Budaya Internasional

Jumat, 11 Oktober 2019 - 21:36:37 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK,(catatanriau.com)-  Ikut memeriahkan Pawai Budaya Internasional pada Festival Siak Bermadah 2019 dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kabupaten Siak yang ke 20, mewakili kecamatan Minas SMP Negri 4 Minas dalam giat itu tampak menampilkan Fashion Show dengan busana yang terbuat dari bahan bekas seperti botol minuman mineral bekas maupun kertas bekas dan lain sebagainya. Tak ketinggalan pula pihak SMP N 4 Minas juga menampilkan pakaian adat Suku Sakai sebagai ikon pakaian adat kecamatan Minas.

 

 

Kegitan yang di gelar pada hari Kamis (10/10/2019) kemarin itu tampak diikuti sekitar 1.100 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia ikut ambil bagian untuk memeriahkan pawai tersebut.

 

Sebelumnya Bupati Siak H Alfedri menyampaikan, bahwa pawai ini merupakan salah satu rangkaian acara Festival Siak Bermadah untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak ke-20. Festival itu pun berlangsung sejak tanggal 10 Oktober hingga 12 Oktober esok dan diikuti oleh 24 tim termasuk dari Malaysia.

 

Sementara dari Provisi Riau ada Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru. Kemudian dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ada Kabupaten Lingga dan Kota Batam, Jambi, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kota Banjarmasin dari Kalimantan Selatan, tim tuan rumah, serta 14 kecamatan se-Kabupaten Siak.

 


"Tujuan acara ini adalah memperkenalkan budaya dari daerah lain, tetapi masih dalam rumpun seni melayu senior. Sebab Siak ingin jadi pusat melayu di Riau, dan Riau pusat budaya melayu Indonesia," kata Alfedri di lokasi pelepasan pawai saat itu, di depan Istana Siak, Kamis ( 10/10/2019) kemarin.

 

 

 


Sementara itu kepala SMPN 4 Minas Noviana SP.Mpd dia mengaku senang sebab para anak didiknya terpilih untuk mewakili kecamatan Minas dalam kegiatan festival budaya yang bertaraf internasional itu. "Alhamdulillah kita cukup bangga sebab kita di percaya untuk mewakili kecamatan dalam gelaran pawai budaya internasional bersempena dengan hari jadi kabupaten Siak." Ungkap Noviana kepada wartawan Jumat (11/10/2019).

 


Dalam hal ini kata dia, SMPN 4 Minas menampilkan parade busana dari barang-barang bekas dan menyatu dengan alam dan menjadi tema kecamatan Minas. "Terima kasih kepada bapak Camat Hendra, selaku Camat Minas,  dan bapak Asmuni korwil pendidikan, yang telah mempercayakan kami untuk ikut mensukseskan acara ini." Pungkasnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex