Malam Ke 17 Ramadhan 1443 Hijriyah, Pemkab Rohul Peringati Malam Nuzul Qur'an

Senin, 18 April 2022 - 15:33:16 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menggelar Peringatan Nuzul Alquran pada malam 17 Ramadhan 1443 Hijriyah, Di Ruang Shalat Masjid Agung Islamic Center Rohul, Ahad (17/04/2022) sekitar Pukul 21.00 Wib.

Peringatan Nuzul Quran ini berlangsung khidmat, diawali dengan Shalat Isya dan Tarawih beserta Witir berjamaah. Turut dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Wabup Rohul H. Indra Gunawan, Pj Sekda Rohul M. Zaki SSTP M.Si, Kepala OPD, ASN dilingkungan Pemkab Rohul dan Masyarakat.

Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengatakan Peringatan Nuzul Quran ini sebagai momentum memahami dan semakin mencintai Al Quran sebagai kitab suci yang dimuliakan oleh Allah SWT. Nuzulul Quran itu dimulai sejak penurunannya dari lauhul mahfuz secara utuh ke langit hingga sampai kepada Nabi Muhammad SAW.

“Bahwa turunnya Al Quran ini berawal dari lauhul mahfuz ke langit dunia terjadi pada malam lailatul qadar. Pada malam ini Umat muslim menunggu malam Lailatul qodar ini,” kata Wabup mengawali sambutannya

Wabup berharap peringatan Nuzul quran ini tidak hanya sekedar seremonial saja tetapi bagaimana menterjemahkan nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Memperingati Nuzul Quran sebagai sarana untuk mengingat dan mengenang kembali malam diturunkannya Mukjizat Al-Quran pertama kali oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Muhammad SAW.

“Oleh karena itu melalui momentum Nuzulul Quran ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjadikan Al-Quran sebagai satu-satunya sebagai pedoman hidup dengan keyakinan penuh tanpa ada keraguan didalamnya, karena Al-Quran mengatur segala aspek kehidupan manusia, mari mempererat kebersamaan dan memperbaiki silaturahmi kita,” harapnya

Terang Wabup, Dengan banyak membaca dan memahami isi kandungan Alquran banyak manfaat dan faedahnya bagi umat muslim. Ia berharap kepada masyarakat Rohul melalui Rumah Tahfidz, Sekolah Tahfidz, rumah ibadah dan jamaah suluk, di bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini terus giat membaca Alquran.

Selain itu, Wabup juga mengajak masyarakat Rohul untuk berkontribusi dan mendukung Program keagamaan di Rohul maupun yang sedang dilaksanakan oleh Pemda Rohul sesuai dengan bidang masing-masing.

“Langkah Pemkab untuk membumikan Al Quran ini, melalui sekolah Tahfidz di Rohul dan banyak sekolah pesantren termasuk Masjid dan Surau suluk terus gencar mensyiarkan dalam membaca Alquran,” harapnya

Sementara itu, Dalam Ceramah yang disampaikan Kh H. Muhammad Zulhendri Lc MA, menjelaskan hikmah dari malam Nuzulul Qur'an. Dimana hal yang harus diperhatikan dalam malam Nuzulul Qur'an adalah ayat pertama yang diturunkan Allah SWT yakni Surat Al-'Alaq yang berbunyi Iqro atau Bacalah, sehingga ini harus menjadi salah satu bahan tafakur bagi kaum muslim. 



(Kominfo/E.S.Nst)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex