Mudik Jelang Natura, Pemudik Wajib Tunjukkan Surat Vaksin

Sabtu, 27 November 2021 - 10:03:46 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com •  Untuk mengantisipasi mobilisasi Pemudik menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) demi mencegah penularan Covid-19 gelombang ke III, Polres, TNI dan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Rokan Hulu (Rohul) akan melakukan pemeriksaan di 6 titik Pemeriksaan Chek Poin, setiap pemudik wajib menunjukkan Surat Vaksinasi.

 

Hal itu dikatakan Kapores Rohul AKBP Eko Wimpiyanto SIK usai mengikuti Rapat Koordinasi tentang Percepatan Vaksinasi dan Kesiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) bersama Kapolri, Mendagri dan stakeholder terkait secara Virtual, di Rupatama Polres Rohul, Jum’at (26/11/2021) kemaren.

 

Turut juga dihadiri Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Jubir Satgas Covid-19 Rohul Drs Yusmar M.Si, Plt Asisten I Erfan Dedy Sanjaya, Plt Kadishub Rohul Minarli, Kadisdalduk KB Rohul Sariaman, Sekretaris BPBD Rohul Afrizal, para perwira di Polres Rohul.

 

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto SIK mengatakan Rakor ini bertujuan untuk mengantisipasi gelombang ketiga penularan Covid-19. Melalui Rakor ini Polres, TNI dan Tim Satgas Polres Rohul bersama-sama mendengarkan arahan dan masukan dari Kapolri, Mendagri dan Panglima TNI agar bertindak dalam penanganan Covid-19 Nataru.

 

“Langkah antisipasi kita berupa kegiatan-kegiatan screning terhadap orang yang melakukan mobilisasi dibeberapa wilayah khususnya ditempat kita yang melakukan aktivitas mudik,” terangnya.

 

Untuk mengantisipasi mobilisasi mudik, Kapolres Rohul menghimbau agar tidak melaksanakan kegiatan mudik. Pembatasan dalam kegiatan mudik harus melengkapi persyaratan seperti surat keterangan mudik, untuk mendapatkan itu harus ada surat vaksinasi.

 

“Selain itu, bagi yang melakukan Mobilisasi mudik nanti petugas akan melakukan pemeriksaan di titik Check Poin yang telah disiapkan. Check Poin ini dilaksanakan di 6 lokasi yang pernah dilakukan di perbatasan-perbatasan Provinsi dan Kabupaten.

 

Diakuinya langkah-langkah yang diambil tersebut untuk meningkatkan upaya-upaya memastikan kegiatan Tracing dan Testing kepada masyarakat yang melakukan mobilisasi saat menjelang Nataru.

 

“Bagi yang merayakan Ibadah Natal agar bisa melaksanakan dengan aman dan nyaman kita berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara tiap Gereja dan bisa dipastikan semua rangkaian kegiatan Nataru dilaksanakan sesuai dengan Prokes,” himbaunya.

 

“Kami dari Polres dan Pemkab Rohul dan seluruh Stakeholder akan tetap solid dalam rangka menekan laju pertambahan Covid-19 didaerah kita dan rencananya kita laksanakan vaksinasi serentak secara massal dengan target 10.000 dosis diseluruh Kecamatan se Rohul,” katanya.

 

Ia berharap kepada masyarakat untuk mendukung vaksinasi yag dilakukan pada hari besok sesuai dengan arahan Kapolda sebanyak 10.000 dosis vaksin yang diselenggarakan setiap Puskesmas, sebagai upaya bersama dalam percepatan serapan vaksinasi.

 

Sementara itu, Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengatakan atas nama Pemkab Rohul mengucapkan terima kasih kepada TNI Polri yang telah bersinergi untuk mempercepat vaksinasi dan persiapan jelang Nataru di Kabupaten Rohul.

 

“Hari ini juga kami bersama TNI Polri dan Forkopimda bersama-sama kami mendengarkan arahan Kapolri dan Mendagri. Bahwasanya untuk Vaksinasi apalagi untuk Rohul masih rendah serapannya, yang disampaikan Pak Kapolda Vaksinasi Rohul masih terendah serapan vaksinasi di Provinsi Riau,” ujarnya.

 

Untuk mempercepat serapan vaksinasi, Pemkab Rohul mendukung Kapolda akan melaksanakan Vaksinasi di Rohul dengan target 10.000 dosis dan menghimbau seluruh masyarakat yang belum vaksin sebaiknya cepat divaksin.

 

“Apalagi untuk kedepan, baik untuk mudik, berobat, sekolah kedepan kartu vaksin ini sangat penting, jadi masyarakat mari bersama-sama kita sukseskan vaksinasi ini,” harapnya.***


E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex