Terkait Adanya Pungli Di Lapas Pasir Pengaraian, Salah Satu Masyarakat & Mantan Napi Angkat Bicara

Jumat, 26 November 2021 - 17:36:51 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com • Terkait adanya pemberitaan yang menyatakan adanya pungli di Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian membuat beberapa warga binaan Lapas Pasir Pengaraian yang sudah bebas atau seseorang yang pernah mengurus CB dan PB mengatakan kalau dalam pengurusan administrasi tidak pernah di pungut biaya.

 

Seperti yang pernah di alami oleh salah satu masyarakat yang sudah pernah mengurus CB dan  PB keluarganya menceritakan kepada awak media ini bahwa dalam hal kepengurusan pihak Lapas tidak pernah mempersulit kepengurusan.

 

"Saya terkejut membaca berita yang tayang di beberapa media yang menyatakan kalau ada pungli dalam kepengurusan CB dan PB, sementara saya sendiri yang mengalami tidak ada di pungut biaya," kata Lomo. Jum,at (26/11/2021).

 

"Kalau sudah semua Administrasi sudah di lengkapi kita hanya menunggu waktu jadi tidak ada kata dipersulit atau di pungut biaya, bahkan kepengurusan itu hanya melalui telepon seluler pribadi, saya hubungi langsung pihak lapas, kalau saya tidak lupa waktu itu saya tlefon Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Suharno, ST dan mengatakan kalau saya ingin mengurus CB," tambahnya.

 

Respon dari pihak lapas sangat baik, yang penting di lengkapi syarat Admistrasi serta ada yang bisa jadi jaminannya dari pihak keluarga, setelah semua Administrasi sudah di lengkapi barulah kita hantarkan ke pihak Lapas," jelasnya.

 

Pelayanan dan sambutan pihak Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian perlu kita Apresiasi karena setiap tamu yang masuk pihak Lapas tidak ada perbedaan.

 

"Begitu juga dalam pelayanan tamu, saya juga sudah pernah mengalami di saat saya berkunjung ke ruangan Kasi Binadik Boy Fernandes pada saat pengurusan beliau begitu ramah, dan respons terhadap tamu masyarakat siapapun yang berurusan selalu diarahkan ke bidang pengurusan sepanjang semua persyaratan sudah dilengkapi untuk di ajukan," ucap Lomo.

 

"Jadi intinya apa yang diberitakan tentang adanya pungli, saya yang sudah pernah merasakan sangat bertolak belang dengan pemberian yang beredar," Ucapnya.

 

Di tempat yang terpisah, awak media ini langsung menghubungi salah satu mantan napi yang tidak mau disebutkan namanya, yang sudah pernah menjalani hukuman di Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian, beliau juga menceritakan kalau di dalam Lapas tidak ada kutipan apapun.

 

"Kalau kita baik di dalam, pasti pegawai juga baik sama kita, bahkan kami di didik agar lebih matang sehingga kami keluar nantinya bisa melanjutkan ilmu yang kami dapatkan selama di dalam Lapas, contohnya saya sekarang lagi membudidayakan ternak ikan lele," Katanya.

 

"Jadi kalau masalah kutipan itu tidak ada, tapi kalau biaya kita pribadi tentu ada bang, namanya kita hidup bang," ucapnya dengan nada humorisnya, sambil mengakhiri.***


E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex