Polsek Minas Ajak Seluruh Calon Penghulu Kampung & Timnya Untuk Lakukan Deklarasi Damai

Senin, 18 Oktober 2021 - 12:50:00 WIB
Share Tweet Google +

Reporter : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com • Dalam rangka menciptakan Harkamtibmas maupun situasi yang aman dan kondusif dalam tahapan-tahapan pemilihan kepala kampung (Pilpung) yang ada di Kecamatan Minas, yakni Kampung Rantau Bertuah dan Kampung Minas Timur, Kabupaten Siak, Riau. Pihak Kepolisian Polsek Minas mengajak seluruh calon penghulu beserta timnya untuk melakukan sosialisasi tahapan pemilihan tersebut sekaligus melakukan deklarasi Harkamtibmas yang aman dan kondusif, Senin pagi (18/10/2021) di Mapolsek Minas.

 

Hadir dalam giat itu Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH diwakili oeh Panit 1 Binmas Iptu RE Sitorus didampingi oleh Kanit Intelkam Ipda Budiman S Dalimunthe SH, Ketua Panitia Pilpung Kecamatan Hj Elfira S.Sos,  yang juga merupakan PJ Penghulu Minas Timur beserta Kasi Trantib Kecamatan Minas Wahid, Ramli SH selaku Pj penghulu Kampung Rantau Bertuah, serta 6 orang calon kepala kampung dari dua kampung tersebut dan para tim suksesnya kemudian para ketua Bapekam dari masing-masing Kampung dan sejumlah personel Polsek Minas lainnya.

 

Dalam giat itu para calon penghulu dan para timnya tampak melakukan deklarasi bersama dengan menyatakan, "Kami Calon Kepala Kampung se-Kecamatan Minas Tahun 2021 beserta tim sukses siap mendukung Harkamtibmas yang aman dan kondusif dalam tahapan dan sampai penetapan. Salam damai Siap Menang Siap Kalah."

"Kita tahu untuk kelanjutan tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilihan penghulu serentak di Kabupaten Siak sesuai dengan SK Bupati nomor : 543/HK/KPTS/Tahun 2021. Dalam kegiatan agenda ini bahwasanya kita semua punya tanggung jawab agar pelaksanaan pilpung nantinya berjalan dengan baik, aman dan kondusif sukses demokratis khususnya di Kecamatan Minas ini, baik Peserta dan Panitia harus taat aturan dan siap bertanggung jawab apabila nantinya ada hal - hal yang bisa menghambat proses pemilihan kepala kampung," imbuh Panit IK Minas Ipda Budiman S, Dalimunthe,S.H dalam arahannya.

 

Dalam hal ini Ipda Budiman S Dalimunthe SH, ia juga meminta kepada seluruh calon dan pendukung agar kiranya selalu menjaga harkamtibmas yang aman dan kondusif serta menghindari adanya gesekan diantara pendukung dan tidak melakukan hal hal yang melanggar aturan.

 

"Untuk kedepannya siapapun yang lulus terpilih maka kita harus berlapang dada dan siap mendukung harkamtibmas di Kecamatan Minas," imbuhnya.

 

Sementara itu Hj Elfira S.Sos selaku Ketua Panitia Kecamatan pemilihan calon Kepala Kampung, ia menjelaskan bahwa saat ini nenurut data yang pihaknya himpun, daftar pemilih tetap (DPT) di Kampung Rantau Bertuah berjumlah 1287 DPT, dan 2275 DPT di Minas Timur.

 

"Untuk tahapannya, pada tanggal 5 s/d 7 November 2021 itu mereka kampanye, dan pada Kamis (11/11/2021) mendatang akan dilakukan pemungutan suara, kemudian setelah itu ada masa sanggah selama tiga hari, dan setelah itu akan dilakukan tahapan penetapan pelantikan penghulu pada tanggal 13 s/d 17 Desember 2021 mendatang," terangnya.

 

Dalam hal ini lanjutnya, pihaknya pun meminta kepada calon penghulu, tim sukses dan panitia dimasing-masing Kampung apabila ada kendala jangan langsung melaporkan kepada Panitia Kabupaten. Namun, iapun menghimbau agar masalah apapun itu kiranya dibicarakan terlebih dahulu ditingkat Kecamatan.

 

"Mari kita sama-sama menjaga kinerja antara semua tim dan selalu koordinasi dengan kami sebagai tim Kecamatan. Saya harapkan nanti panitia tolong sampaikan kepada panitia kecamatan Permasalahan yang ada di Kampung masing -masing. Saya harapkan untuk Pilkampung ini dapat dilakukan dengan aman dan kondusif," cetusnya.

 

Sementara itu Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH, melalui Panit I Binmas IPTU R.E Sitorus, dalam kesempatan itu ia menyampaikan, "kami meminta jangan sampai masyarakat menjadi terpecah belah, mari kita saling merangkul satu sama lainnya. Jangan ada nantinya ditemukan Kampanye Hitam. Mari sama-sama kita menjaga situasi yang aman dan kondusif. Jadi disini saya harapkan setelah pelaksanaan pilkampung nantiknya dapat mendukung harkamtibmas di Wilayah Kecamatan Minas yang kita cinta ini. Yang kami inginkan khususnya Polsek Minas selama tahapan pilkampung adalah Aman , Tertib dan terkendali," tukasnya.

 

Dapat kami informasikan kembali adapun yang menjadi calon kepala kampung di Rantau Bertuah diantaranya, nomor urut 1 Muhammad Muslim Saragih, Nomor Urut 2 Darbi,SAG dan pada posisi nomor urut 3 ada Anton Hidayat.

 

Sementara untuk calon Penghulu Kampung Minas Timur diantaranya, Nomor Urut 1 Sri Rahayu Harahap, Nomor Urut 2 Selamat dan Nomor Urut 3 Samsul Anuar.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex