Pemkab Rohul Tetapkan Posyandu Muara Hati Sebagai Objek Penilaian Mewakili Rohul Ditingkat Provinsi

Jumat, 15 Oktober 2021 - 12:41:50 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : E.S Nst


ROHUL, CATATANRIAU.com • Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengikuti Lomba Posyandu tingkat Provinsi Riau, yang menjadi indikator penilaian prestasi Kader Posyandu dan Kinerja pelayanan Posyandu.

 

Pemkab Rohul telah menetapkan Posyandu Muara Hati, Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto sebagai objek penilaian Posyandu mewakili Pemkab Rohul ditingkat Provinsi.

 

Untuk meraih hasil terbaik, Pemkab Rohul telah melakukan persiapan dan melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait, yang dipimpin langsung Bupati Rohul H. Sukiman, turut juga didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, di Rumdis Bupati, Kamis (14/10/2021).

 

Selian itu, Wakil Ketua TP PKK Rohul Hj Sri Yulita, Kadis Kominfo Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul Bambang, Kadis DPMPD Rohul Margono, Kapus Rokan IV Koto 1 Hj Kholida, Camat Rokan IV Alfarid Toha, Kades Lubuk Bendahara Rinaldi dan Kader Posyandu.

 

Bupati Rohul H. Sukiman menyampaikan bahwa proses penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Riau diperlukan kerjasama dan koordinasi lintas OPD untuk memperkuat kelembagaan dan mendukung program Posyandu menjelang penilaian.

 

"Secara keseluruhan program Posyandu sudah baik, hanya saja tinggal memoles. Karena pelayanan masyarakat yang berbasis Posyandu akan terus dikembangkan," katanya.

 

"Sehingga dibutuhkan peran serta OPD dan seluruh komponen masyarakat untuk membangun dan meningkatkan kebersamaan, kepedulian, serta semangat gotong royong yang akhirnya dapat memenuhi layanan dasar masyarakat, seperti kesehatan terutama jelang penilaian nanti," harapnya.

 

Ia berharap Posyandu Muara Hati berhasil meraih juara tingkat Provinsi Riau. Sehingga kedepan mampu memberikan motivasi, inovasi ataupun perubahan, dan juga menjadi model bagi posyandu lainnya di Kabupaten Rohul pada khususnya.

 

Sementara itu, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman mengatakan persiapan jelang penilaian diminta tanggungjawab dan peran serta OPD terkait, baik dalam program Perencanaan Posyandu, Administrasi dan program inovasi Posyandu.

 

Kemudian, Kepala Puskesmas Rokan IV Koto Hj Kholida Hosni S.ST M.KM mengaku jelang penilaian, Diskes Rohul sudah mulai melakukan bimbingan, terutama dalam bimbingan administrasi dan tatakelola posyandu.

 

"Saat ini yang menjadi perbaikan terkait masalah administrasi, ATK, dan membuat dan membuat grafik dan spanduk. Karena program lain sudah berjalan baik, seperti Inovasi Posyandu, ternak ikan serta pengolahan ikan menjadi makan bergizi untuk anak," ujarnya.

 

Lanjut Kapus, inovasi Posyandu Kokek Asam Bada (Kelompok kerja kader Atasi Stunting kematian anak ibu dan balita dan membudayakan Gemarnya anak makan ikan agar gizi anak baik dalam 1000 hari pertama kehidupan.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex