Bupati Rohul Secara Resmi Membuka Langsung Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

Selasa, 12 Oktober 2021 - 08:43:40 WIB
Share Tweet Google +
Laporan : E.S Nst

ROHUL, CATATANRIAU.com • Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu adakan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Tahun 2021 - 2026, Bertempat Di Hall Islamic Center Masjid Agung Islamic Center Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu, Senin (11/10/2021). Dibuka secara langsung oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman.

 

Nampak hadir, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Wakil Bupati  H.Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, Danramil 02 Rambah, Kapolres yang diwakili, Kepala Bappedalitbang Riau yang di wakili bagian Fungsional,Feradis, Sekretaris Daerah Rokan Hulu H.Abdul Haris, Anggota DPRD Rohul, Kepala Dinas dan Badan Dilingkungan Pemerintahan Daerah Rokan Hulu serta para Camat se Kabupaten Rokan Hulu.

 

Dalam laporannya Kepala Badan Bappeda Rokan Hulu, M.Zaki, S.Stp mengatakan maksud dilaksanakannya Musrenbang RPJMD yakni sebagai forum antar pemangku kepentingan (stakeholder) Pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu dalam rangka memberi pemikiran, saran, pendapat dan masukan untuk menentukan program prioritad Kabupaten Rokan Hulu dalam lima tahun kedepan. 

 

"Sedangkan tujuannya sendiri untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan, terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD," sebutnya.

 

Dalam acara ini sendiri, terdapat 212 peserta yang terbagi atas Bappedalitbang Provinsi Riau, DPRD Provinsi Riau, DPRD Rohul, Forkompinda, Perangkat Daerah, Instansi, BUMN, Atau BUMD, Akademisi, Lam Rohul dan sebagainya.

 

Selanjutnya Bupati Rokan Hulu H.Sukiman dalam sambutannya bahwa perencaan pembangunan daerah merupakan mengatakan bahwa suatu proses yang dilakukan guna menentukan arah kebijakan daerah di masa mendatang.

 

"Tentunya dengan melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang dimiliki oleh daerah pada jangka waktu tertentu," Kata Bupati. 

 

Diakui Bupati, perencanaan pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, Kesempatan kerja, lapangan usaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah. 

 

"Oleh karena itu, dibutuhkan proses perencaan pembangunan daerah melalui pendekatan teknoratik, partisipatif, politis dan top downbottom up melalui pendekatan yang holistik, tematik, integratif dan spasial,"Tambahnya.

 

Sebagai kesatuan sistem perencanaan pembangunan nasional lanjut Bupati Sukiman, ia berharap agar seluruh element masyarakat Rokan Hulu saling menyatukan tekad dan langkah dalam mewujudkan visi kabupaten Rokan Hulu yakni Mewujudkan Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju dan berdaya saing dalam keragaman adat dan budaya berdasarkan nilai agama menuju masyarakat sejahtera. 

 

"Dengan mewujudkan misi, mewujudkan kualitas sumber daya Manusia yang cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, mewujudkan pembangunan dan pengembangan Ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta pariwisata daerah," Jelasnya. 

 

Juga mewujudkan ketersedian infrastruktur yang berimbang dengan membangun Daerah atau menata kota secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis  aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda. 

 

"Serta mewujudkan TATA kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan," Tambah Bupati. 

 

Lanjut Bupati, dalam pelaksanaan visi dan misi ini, tentu tidaklah mudah dan tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja, melainkan juga diperlukan sinergitas, kolaborasi, diskusi serta proses panjang yang harus dilalui bersama. 

 

Mengingat RPJMD bersifat makro dan bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama, Bupati berharap agar seluruh element masyarakat yang hadir dapat memberikan masukan-masukan positif dalam penyelenggaraan musrenbang RPJMD tersebut. 

 

Usai dengan sambutannya, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman secara resmi membuka kegiatan Musrenbang RPJMD Kabupaten Rokan Hulu tahun 2021 - 2026.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex