Nomor Urut Telah Ditetapkan, Berikut Daftar 6 Calon Penghulu Tahun 2021 di Kecamatan Minas

Senin, 11 Oktober 2021 - 16:54:37 WIB
Share Tweet Google +
Penulis : Idris Harahap

SIAK, CATATANRIAU.com •  Pemerintah Kabupaten Siak kembali melaksanakan pemilihan kepala kampung (Penghulu-red) serentak diakhir tahun 2021 ini untuk priode mendatang. Dengan adanya hal itu, Pemerintah Kecamatan Minas melaksanakan rapat pleno penetapan calon Penghulu dan pencabutan nomor urut calon Penghulu serta penandatanganan deklarasi damai terhadap pelaksanaan pemilihan kepala kampung tersebut didua Kampung, yakni Kampung Rantau Bertuah dan Minas Timur, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Senin (11/10/2021).

Dapat kami informasikan, adapun calon Penghulu yang telah ditetapkan untuk Kampung Rantau Bertuah diantaranya, nomor urut 1 didapatkan oleh Muhammad Muslim Saragih, Nomor Urut 2 didapatkan oleh Darbi,SAG dan pada posisi nomor urut 3 didapatkan oleh Anton Hidayat.

 

Sementara itu untuk calon Penghulu Kampung Minas Timur diantaranya, Nomor Urut 1 didapatkan oleh Sri Rahayu Harahap, Nomor Urut 2 didapatkan oleh Selamat dan Nomor Urut 3 didapatkan oleh Samsul Anuar.

Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI mengatakan, pemilihan Penghulu Kampung serentak yang dilakukan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Peraturan Pemerintah No 47 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah No 43 tentang Pelaksanaan Undang -Undang No 6 Tahun 2014, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No 112 tentang Pemilihan Kepala Desa.

 

Selain itu juga Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Kemudian, Surat Edaran Mendagri Nomor 141/6698/sj tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak diera Pandemi COVID-19.

 

"Kemudian juga sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Bupati Siak, dan setelah dilakukan pergeseran diakibatkan kondisi Pandemi Covid-19, maka saat ini dilaksanakan pengumuman calon Penghulu yang boleh melanjutkan peroses pemilihan selanjutnya sekaligus melakukan pencabutan nomor urut masing-masing calon," kata Camat Hendra.

Camat Hendra menjelaskan, menurut pantauan pihaknya semua proses pilpung (Pemilihan Penghulu) hingga saat ini masih berjalan lancar dan kondusif.

 

"Dari 6 orang calon Penghulu ini, tentu kami berharap masing-masing calon bisa menjaga kondusifitas pendukungnya agar tidak melakukan black campaign serta tidak mony politik, dan bisa berlapang dada untuk menerima kemenangan maupun kekalahan. Untuk tahapan hari H pemilihannya sendiri Insya Allah akan diselenggarakan pada (11/11/2021) mendatang," imbuhnya.

 

Sementara itu, Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH, dalam kesempatan yang serupa kepada wartawan media ini mengatakan bahwa pihaknya dari kepolisian mengharapkan kepada para calon Penghulu Kampung maupun seluruh masyarakat pendukung masing-masing calon agar dalam tahapan pilpung ini nantinya betul-betul dilakukan secara demokrasi dan tanpa pelanggaran sedikit pun.

 

"Tentu kita harapkan semuanya berjalan secara kondusif, dan mari sama-sama kita perhatikan agar jangan sampai ada pelanggaran, mari sama-sama kita jaga dan sama-sama kita ciptakan pilpung yang kondusif agar jangan sampai ada keributan dimasing-masing kubu para pendukung calon. Kita tidak mau kejadian buruk didaerah lain terkait pilpung ini terjadi didaerah kita ini, sebab akibatnya pilpung bisa jadi tertunda. Harapan kita semuanya bisa berjalan lancar aman dan kondusif," pungkasnya.****


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex