Bupati Kuansing Andi Putra didampingi sejumlah pimpinan OPD meninjau rencana kantor OPD baru di komplek Pemda Kuansing, Jumat (10/9/2021)

Bupati Kuansing Tinjau Rencana Kantor OPD Baru

Sabtu, 11 September 2021 - 17:42:59 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Ridho Magribi


KUANSING, CATATANRIAU.com | Bupati Kuantan Singingi Andi Putra SH MH meninjau bangunan kantor yang akan digunakan untuk organisasi perangkat daerah (OPD) baru di Kompleks Perkantoran Perkantoran Pemkab Kuansing, Jumat (10/9/2021).

 


Mengenakan baju batik motif Harimau, orang nomor satu di Kuansing meninjau bekas kantor Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dipersip) Kuansing.


Selanjutnya, Bupati Andi Putra yang didampingi Pj Sekda Kuansing Agusmandar, Plt Kadis BPMPKB Muradi, Plt Kepala BPKAD Kuansing Andi Juragan dan Plt Kadisdikpora Masrul Hakim. Lalu, juga ada Kabag Ortal  Setda Kuansing Yunita meninjau bekas kantor Dinas ESDM Kuansing.


Kantor-kantor ini akan dimanfaatkan untuk 4 OPD baru yang dimiliki Pemkab Kuansing. Hal ini dinilai perlu guna mewujudkan program pemerintahan Andi Putra-Suhardiman Amby ke depan.

 

Adapun 4 OPD tersebut, antara lain ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). BPBD dibentuk dengan klasifikasi A yang terdiri dari sekretariat, dan tiga bidang. Diantaranya, bidang pencegahan dan kesiapsiagaan, bidang kedaruratan dan logistik dan bidang rehabilitasi dan rekontruksi.

 


"Kita berharap BPBD ini bisa melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana lebih cepat," harapnya.

 

OPD baru lainnya adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dinas ini dibentuk dengan klasifikasi C berdasarkan kedekatan fungsi urusan serta besaran kerja.

 

"Tugas OPD ini adalah mengurus masalah tenaga kerja dan transmigrasi," katanya.

 

Sementara, dua OPD baru lainnya adalah pecahan dari Dinas Pertanian. Yakni Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan. Dan ada juga Dinas Perkebunan dan Peternakan.

 

Pemecahan ini kata Bupati Andi Putra, berdasarkan kondisi geografis dan potensi daerah. Karena pertanian sebagai sektor unggulan dan andalan pemerintah. Kedua OPD ini sama-sama tipe A.

 

Selain itu, ada beberapa OPD yang mengalami perubahan nomenklatur. Seperti Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menjadi Dinas Perikanan dengan nomenklatur tiga bidang. Bidang Ketahanan Pangan berada di Dinas Tanaman Pangan.

 

Perubahan nomenklatur juga terjadi di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja menjadi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dan juga ada perubahan nomenklatur di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

 

Hal ini katanya sesuai dengan program pemerintah daerah ke depan. Yakni dalam hal pemberdayaan kelembagaan maupun masyarakat adat di Kuansing.

 

Lalu, di Bapenda ditambah satu bidang yakni Bidang PBB Perdesaan dan Perkotaan. Hal ini, katanya, guna meningkatkan PAD sesuai dengan potensi dan karakteristik daerah.

 

Usai meninjau rencana kantor untuk OPD baru tersebut, Bupati Andi Putra memerintahkan Pj Sekda Kuansing Agusmanda dan pihak terkait untuk menyiapkan semua dokumen agar OPD ini bisa difungsikan segera.

 

"Saya mintak Pak Sekda secepatnya mengurusi dokumen soal ini. Agar OPD baru bisa kita manfaatkan segera," desak Bupati Andi Putra.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex