Peran Aktif Pemuda Koto Mesjid, Wisata Sungai Gagak Jadi Perhatian Wisatawan Daerah dan Nasional

Selasa, 07 September 2021 - 09:23:17 WIB
Share Tweet Google +

 


KAMPAR, CATATANRIAU.com | Kisah Sebuah Objek Wisata Sungai Gagak yang terdapat di Dusun 1 Pincuran Bilah Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar,  Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Begitu menarik untuk diperhatikan, Kerena hutan belantara yang dulunya ditakuti masyarakat , Kini menjadi hutan yang ramai di kunjungi Wisatawan luar daerah. 

Semua Ini berkat kerja keras serta kekompakan para pemuda desa koto mesjid yang mampu mengelolah sebuah tempat wisata lokal namun sangat Diminati para pengunjung dari luar daerah kabupaten Kampar.

 

Rizky Hidayat selaku Pencetus sekaligus Ketua Kelompok Sadar Wisata Sungai Gagak menyatakan Ini Patut di Apresiasi terhadap peran aktif para pemuda ini yang sudah bekerja dan dan memberikan sumbangsihnya kepada desa dengan semangat gotong-royong. Karena ini juga merupakan bagian dari program pemerintah terutama dalam menghidupkan sektor wisata di Kabupaten Kampar" Kata Rizky Hidayat.

 

Panjang lebar Rizky Hidayat menyampikan bahwa Pemuda merupakan pusat kemajuan bangsa.  tidak sebatas wacana, hal ini dibuktikan langsung oleh para pemuda yang ada di desa koto masjid kecamatan XIII Koto Kampar, dengan kepiawaiannya para pemuda didesa itu bak pesulap, mereka akhirnya mampu merubah air terjun yang dulunya hanya sebagai tempat pengambilan air bagi manyarakat sekitaran desa dan menyalurkan air bersih tersebut kerumah-rumah warga, karna memang  secara geografis kawasan air terjun ini bisa dibilang berada tak jauh dari perkampungan warga desa koto mesjid. 

 

Jarak tempu dari  desa koto mesjid hanya menghabiskan waktu lebih  kurang  5 menit menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan roda 2. Dan sekitar 29 kilo meter dari Kota Bangkinang. 

 

Selain untuk menyalurkan air bersih dari pegunungan tersebut mengunakan pipa-pipa yang nantinya disalurkan ketempat penampungan besar kemudian dari sana warga menyalurkan kembali kerumah-rumah mereka, biasa masyarakat menyebutnya dengan istilah “Air Pam” atau Air Bersih." Urai Rizky. 

 

Selain itu Air terjun sungai Gagak yang dulunya sepi, bahkan  untuk mandi saja mungkin kita khawatir kalau terdapat banyak ular karna lokasi tersebut sudah tertutup oleh pohon-pohon hutan,  semak-semak dan bebatuan. Air terjun yang memiliki 7 tingkat ini  memiliki keindahan yang tersembunyi. Berkat keinginan yang kuat dan daya kreatifitas pemuda desa koto mesjid akhirnya mampu merubah hutan belantara menjadi objek wisata yang tidak hanya warga sekitar desa yang menjadi pengunjung, bahkan Wisata luar dari Kabupaten Kampar yang tersebar di 12 kabupaten kota di propinsi Riau" Katanya lagi. 

 

Setelah banyak yang mengetahui keindahan alam ini, kini semakin ramai para pengunjung yang berdatangan, ini terbukti dengan  beberapa orang yang kami jumpai Media Ini dilokasi wisata alam gagak tersebut.  

 

Ada beberapa pengunjung datang dari Kabupten Siak, Kota Pekanbaru, Rohul, Pelalawan, Kota Bangkinang, Tapung, dan beberpa wisatawan lokal  dari Kecamatan XIII koto Kampar" Tambah Rizky lagi. 

 

Ananda  Rizki  Putri salah satu pengunjung dari kabupaten Pelalawan  Ketika dikomfirmasi media ini pada minggu siang  ( 5/9/2021) menyebutkan ,  Kalau Dia baru pertama kali  berkunjung  ke Air Terjun Sungai Gagak, ternyata disini alamnya menyenangkan  dan kami sekeluarga senang berkunjung ke tempat ini. 

 

"Prasarananya juga mendukung. Jadi perjalanan kami selama 3 jam dari Pelalawan tidak mengecewakan ujarnya. Apalagi pelampungnya sangat membantu kami yang tak bisa berenang. Mungkin gazebonya yang masih kurang, dan juga pelampungnya harus ditambah lagi kerena   pengunjungnya sudah begitu  ramai," Cakapnya. 

 

Apa lagi  hari libur,  merupakan hari yang sangat menyenangkan sekali, Wisata alam menjadi rekomendasi  untuk lokasi yang akan dikunjungi terlebih dari masyarakat yang terbiasa tinggal di perkotaan yang padat dan wilayah-wilayah yang gersang dan panas seperti kota pekanbaru  tidak sedikit dari warga masyarakat kota tersebut yang berdatangan ke destinasi ekowisata sungai gagak ini. 

 

Seperti yang dikatakan pengunjung dari kota pekanbaru, bernama  Hikmah mengatakan bahwa lokasi sungai gagak tempat nya tidak terlalu jauh dari pekan baru, kita hanya menempuh perjalanan 2 jam  namun banyak memberikan kesan.  

 

Mulai dari keindahan air terjun nya, keaslian hutan ditambah suara kicau burung , dan beberapa spot menarik disepanjang perjalanan menuju kesungai gagak.  

 

Bagi yang  suka mandi, tempat ini sangat recommended, karena selain airnya yang sejuk dan fresh, tempatnya juga mendukung, cerukan tempat cucuran air terjunnya menyerupai kolam buatan. Bagi yg belum bisa berenang, juga gak usah takut kedalaman, karena terdapat tali yang sengaja dipasang buat pegangan. 

 

Terakhir Riski Hidayat salah satu pencetus atau  pendiri selaku pemuda pelopor Ekowisata Sungai Gagak yang ada di desa koto masjid Ketika dikonfirmasi mengatakan, Awalnya dengan melihat potensi- potensi hutan yang ada di propinsi riau masih belum dikelola dengan baik dan banyak para masyarakat yang melakukan pengelolaan yang belum memerhatikan aspek keberlangsungan seperti penebangan liar, pencemaran sungai.  

 

"Dimulai dari kegiatan kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan dan kepedulian terhadap pemuda desa yang sangat antusias dalam membantu berdirinya ekowisata sungai gagak, dengan semangat swadaya akhirnya beberapa perkembangan terjadi selama kurun waktu 2 tahun. Hingga terbentuklah suasana wisata disungai gagak yang sama-sama dapat kita rasakan," Kata anak muda Rizki Hidayat.

 

Pantauan dilapangan Tampak  berdatangan ibu-ibu PKK dari Tapung yang akan melaksanakan kegiatan bersama anggota dengan diiringi musik yang terhubung dengan Speaker menambah suasana  keramaian dilokasi ini menjadi meriah. Kini air terjun sungai gagak tidak lagi sebatas  tempat pemandian namun juga dijadikan sebagai tempat berlibur  dan terlihat  beberapa patok tenda yang tersusun di pinggir tebing  yang melingkar menghadap air terjun tersebut pertanda tadi malam ada beberapa kelompok wisatawan yg ngecamp disana. bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Wisata Sungai Gagak Silahkan hubungi Pokdarwis Sungai Gagak 082169945084" Tutup Rizky Hidayat.(Ocu Bundo).


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex