Sejumlah Pengemudi & Penumpang Diswab Antigen Saat Penyekatan PPKM Polsek Minas

Kamis, 19 Agustus 2021 - 18:17:16 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com |Bekerjasama dengan pihak medis dari Puskesmas Minas, Kepolisian Polsek Minas hari ini melakukan giat penyekatan PPKM Level 4 serta swab antigen terhadap pengendara maupun penumpang yang melintasi Posko Penyekatan di Wilayah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (19/08/2021) sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH, didampingi oleh Panit 1 Lantas Polsek Minas Ipda Syafrul, Panit 1 Shabara Iptu DA Simangunsong, serta Panit Intelkam Ipda Budiman S Dalimunthe SH, KBO Narkoba Polres Siak Iptu Ichsan, pihaknya mengatakan hal ini dilakukan berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) Nomor 31 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 4 diwilayah Pulau Sumatera, serta berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Siak tanggal 10 Agustus 2021 Nomor : 100/Setda-Tapemkarsa/388 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak.

" jadi disini kita melaksanaan Penyekatan PPKM Level 4 Serta Swab Antigen terhadap pengendara yang melintasi Posko Penyekatan di Wilayah Kecamatan Minas, bekerjasama dengan pihak Puskesmas Minas," ujar Kompol Sawaluddin Pane SH.

 

Dijelaskannya sebanyak 11 orang Anggota Kepolisian Polsek Minas dan 2 orang Anggota Satpol PP Minas dikerahkan dalam melaksanakan kegiatan ini.

 

"Hal ini dilakukan untuk pembatasan dan pengendalian mobilitas masyarakat guna pencegahan penularan Covid 19 di wilayah Kecamatan Minas, kita juga melakukan penyekatan dan Rekayasa Lalu Lintas seperti pemeriksaan kendaraan dan orang atau penumpang, kemudian juga melakukan patroli dan penerangan di area publik, kemudian pendisiplinan Prokes Ketat serta Swab Antigen terhadap Pengendara," jelasnya.

 

Sementara itu Panit 1 Lantas Polsek Minas Ipda Syafrul, ia menjelaskan, dalam giat ini pihaknya berhasil melakukan pemeriksaan terhadap 28 unit kendaraan roda dua serta 53 unit kendaraan roda empat hingga enam, dengan jumlah keseluruhan kendaraan sebanyak 81 unit, dan 32 diantaranya berhasil diputarbalikkan lantaran pengemudi tak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19, ataupun kartu vaksinasi Covid-19.

 

"Jadi jumlah penumpang yang diperiksa sebanyak 132 orang, dan 41 orang pengendara diantaranya tadi mereka dilakukan swab antigen. Dalam hal ini kita juga menghimbau kepada masyarakat yang melintas dan telah dilengkapi kartu vaksinasi agar tetap berhati-hati di jalan, patuhui rambu-rambu lalulintas sehingga selamat hingga sampai tujuan," imbuhnya.

Adapun Kepala Puskesmas Minas Dr Hidayati Jasri, ia juga memaparkan bahwa kerjasama pihaknya dengan Kepolisian Polsek Minas untuk melakukan swab antigen ini dilakukan secara gratis hingga pada tanggal 25 Agustus 2021 mendatang.

 

"Tes swab antigen ini kita lakukan secara gratis kepada setiap masyarakat yang kita lakukan tes, nantinya kita juga akan melakukan tes ini secara massal disetiap kampung dan kelurahan yang ada di Kecamatan Minas ini, hingga tanggal 25 mendatang, jadi kita minta masyarakat untuk mau Diswab hal ini kita lakukan untuk menekan angka penularan Covid-19 khususnya di Kecamatan Minas ini," pungkasnya.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex