H Sukiman Instruksikan Camat,Kades Dan Lurah Supaya Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19

Kamis, 19 Agustus 2021 - 09:15:02 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : E.S Nst


ROHUL, CATATANRIAU.com | Untuk memastikan aturan atau Instruksi Bupati Rokan Hulu tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan Sampai tingkat RW dan RT.

 

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman memimpin Rapat Koordinasi dengan Camat, Kepala Desa dan Kepala Puskesmas secara Virtual, di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Rabu (18/8/2021).

 

Turut juga mendampingi Bupati, Wabup Rohul H. Indra Gunawan, Plh Sekda Rohul M. Zaki SSTP M.Si, Kadis Kominfo yang juga Jubir Satgas Covid-19 Rohul Drs Yusmar M.Si, Plt Kadishub Rohul Minarli Ismail, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Dirut RSUD Rohul dr Novil dan Kabid P2PL Diskes dr Darmadi Lubis.

 

Bupati Sukiman menegaskan kepada Camat dan Kepala Desa, apapun himbauan baik dari Pemerintrah Pusat, Pemprov dan Bupati terkait penanganan Covid-19 harap dilaksanakan sampai ke tingkat RW hingga RT, seperti membuat tempat Isolasi Mandiri dan pelaksanaan Prokes.

 

“Apa yang saya sampaikan ini dilaksanakan. Diarahkan untuk menyimpaikan himbauan pemerintah pusat, provinsi kabupaten, camat dan Desa/Lurah bertanggungjawab menyampaikan dan memberikan arahan kepada masyarakat,” kata Sukiman.

 

Lanjutnya, selama dilaksanakan PPKM Level 4 diharapkan tidak ada resepsi pernikahan yang dapat menimbulkan keramaian dan setiap kecamatan dan desa agar menyiapkan tempat isolasi mandiri serta membuat laporan untuk disampaikan ke Tim Satgas Covid-19 Rohul.

 

“Saya minta apa yang sudah dibuat di Desa seperti Posko Isolasi Mandiri dilaporkan ke Diskes Rohul, sebenarnya sudah banyak yang ada tapi tidak dilapoar, apa yang dilakukan didesa segera dilaporkan ke Diskes dikoordinasi Asisten 1 dalam penanganan ini,” kata Sukiman.

 

“Saya sering tinjau dan turun ke desa-desa, masih banyak saya temui dan laporan di Kecamatan belum ada tempat isolasi mandiri, apa yang bapak perbuat harus dilaporkan secara tertulis, agar tertib administrasi,” tambahnya.

 

Terkait Kunjungan Kerja Gubernur Riau dan Forkopimda Riau ke Kabupaten Rokan Hulu, Bupati Sukiman meminta kepada Camat dan Kepala Desa untuk menyiapkan tempat isolasi mandiri dan isolasi terpusat didaerahnya masing-masing.

 

“Masing-masing Camat dan Kepala Desa agar disiapkan khsuus peralatan kesehatan, posko isolasi mandiri dan lingkungan yang bersih suapaya diperhatikan dan dilaksanakan,” harapkan Sukiman.

 

Ia berharap kepada Camat dan Kades bersama saling mengingatkan dan menyiapkan isolasi mandiri, alat kesehatan dan posko penanganan Covid1-19 di daerahnya masing-masing.

 

“Agar pelaksanaan penanganan Covid-19 berjalan dengan baik hingga ketingkat Desa. Saya perintah dilingkungan masing-masing, tanpa kesadaran kita semua ini tidak bisa terlaksana. Agar menyiapkan Isolasi Terpusat, persiapkan alkes dan posko. Kemudian laporkan kondisi desa, kemudian Camat melaporkan kepada Tim Satgas Rohul.

 

Untuk persiapan Kunjungan Gubernur ke Rohul, Bupati Rohul H. Sukiman dan Wabup serta Forkompinda Rohul meninjau Hutan Kota Pasir Pengaraian, Isolasi Terpusat di Gedung Dharmawanita Rohul dan Poko Terpadu dan Media Center Satgas Covid-19 Rohul di Gedung PMI Rohul.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex