Detik-detik Proklamasi, Ratusan Warga Duri Ambil Sikap Sempurna

Selasa, 17 Agustus 2021 - 20:06:36 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Putri 


DURI, CATATANRIAU.com | Tepat sekira pukul 10.00 WIB, keheningan seketika menyentak di Duri, Kecamatan Mandau, Selasa (17/8).


Benar, keheningan yang menghentak berupa pengambilan sikap sempurna dengan berdiri tegap dilakukan masyarakat di Kota Minyak.

 

Baik yang berada di dalam rumah, di luar ruangan, bahkan di tengah jalan pun tampak terhenti aktifitasnya dan berdiri tegap.


Seluruhnya dilaksanakan beriring dengan pekikan sirine yang digemakan dari armada petugas kepolisian sempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 Tahun 2021.


Kapolsek Mandau, AKP. Jalifer LT, S.AP turut hadir di lapangan dan bersikap sempurna bersama seluruh masyarakat.


Memakai masker dan berjarak aman, seluruhnya tampak mengilhami momen sakral peringatan Detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI yang diperingati secara sederhana tahun ini.


"Wujud kecintaan kita pada Nusa dan Bangsa, kita ambil sikap sempurna selama tiga menit sempena detik-detik proklamasi. Seluruhnya, termasuk masyarakat kita minta untuk menghentikan aktifitasnya sementara waktu dan ikut serta mengambil posisi," kata Kapolsek Mandau ini.


Senada, personel Polres Bengkalis, Bripka Harry Santosa turut serta dalam sikap tegapnya memaknai momen sakral kemerdekaan tahun ini.


Terenyuh haru bertabur emosional, Harry dan seluruh masyarakat di Kecamatan Mandau tampak sangat memaknai jeda waktu 3 menit sempena peringatan perjuangan para pahlawan terdahulu dalam merebut kemerdekaan yang bisa dinikmati hingga saat ini.


"Sikap sempurna kita lakukan untuk memaknai momentum sakral detik-detik proklamasi sempena HUT RI ke-76 Tahun 2021. Meski kita lakukan secara sederhana, tapi maknanya sangat menyejukkan hati," kata Bripka Harry.


Selain mempererat tali silahturahmi dan keakraban di tengah masyarakat, momentum hening tiga menit ini juga semakin menggelorakan jiwa nasionalisme seluruh masyarakat yang terlibat.


"Semoga sikap sempurna selama tiga menit ini bisa menumbuhkan semangat nasionalisme yang lebih kokoh dan meneguhkan kita semua dalam melalui pandemi COVID-19. Inshaallah, bila semua dilaksanakan dengan hati yang tulus, pasti akan berdampak baik. Merdeka!!!," seru Harry bergelora.

 


Pasca pekikan sirine, prosesi hening sesaat dan sikap sempurna diakhiri. Seluruh aktifitas kembali berlanjut.

 


Seraya itu, petugas kembali menyuluhkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 di bulan kemerdekaan ini.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex