Kepala Puskesmas Minas Dr Hidayati Jasri, beserta sejumlah stafnya saat tenagh menyaksikan penyembelihan hewan qurban berupa satu ekor sapi dilingkungan Puskesmas Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (22/07/2021).

Peringati Idul Adha 1442 H, Untuk Perdana Puskesmas Minas Lakukan Penyembelihan Hewan Qurban

Kamis, 22 Juli 2021 - 10:34:10 WIB
Share Tweet Google +

Penulis : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com | Utuk pertama kalinya dilakukan oleh pihak Puskesmas di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, dengan gagasan dari Kepala Puskesmas (Kapus) Dr Hidayati Jasri, ia beserta seluruh jajarannya melakukan penyembelihan hewan Qurban dilingkungan Puskesmas tersebut, tepatnya didekat Mushollah As-Sifah milik Puskesmas itu, Kamis (22/07/2021) pagi.

 

"Hal ini kita lakukan merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT, khususnya dalam rangka hari raya Idul Adha ataupun hari raya qurban ditahun 2021 ini. Untuk pelaksanaan kali ini kita dari Puskesmas Minas melakukan penyembelihan satu ekor sapi sebagai hewan qurban," ujar Dr Hidayati Jasri ketika diwawancarai oleh Wartawan media ini disela-sela penyembelihan hewan Qurban tersebut.

 

Menurut Kapus Minas, hal yang dilakukan oleh pihaknya ini, merupakan sebuah keberkahan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa

Ta'ala (SWT). Gagasan berqurban ini sendiri kata Dr Hidayati Jasri, datang dari dirinya selaku Kepala Puskesmas Minas dan juga seluruh jajarannya.

"Jadi kami mengajak seluruh jajaran untuk berqurban atas nama Puskesmas Minas, dan mereka semua setuju dan Alhamdulillah akhirnya terwujudlah untuk berqurban ini," katanya.

 

Sebab kata dia, sudah hampir 12 tahun ianya bertugas di Puskesmas Minas itu, dan baru kali ini pertama terlaksananya untuk berqurban dengan mengatasnamakan Puskesmas dan langsung diselenggarakan di Mushollah As-Sifah yang ada di Puskesmas Minas tersebut.

 

"Sebab biasanya kalau kami berqurban walaupun atas nama Puskesmas kami menyerahkannya kepada masjid-masjid dilingkungan Kecamatan Minas ini," terangnya.

 

Kapus juga menjelaskan, adapun dana untuk berqurban ini, pihaknya melakukan patungan dari seluruh staf Puskesmas Minas, "jadi bentuknya swadaya dan murni dengan niat beramal karena Allah," ujarnya.

 

Daging qurban ini sendiri lanjutnya, untuk pembagiannya akan diutamakan terlebih dahulu terhadap para stafnya, barulah kemudian dibagikan kepada masyarakat yang ada dilingkungan Puskesmas tersebut.

 

"Sebab pegawai kita disini lebih kurang sebanyak 95 orang, kemudian barulah kita bagikan kepada masyarakat yang berada dilingkungan Puskesmas Minas ini. Kedepannya kita tetap bertekad melaksanakan hal ini, dan berharap kita bisa merangkul seluruh Upika Kecamatan Minas untuk berqurban dan membantu masyarakat, tahun depan kita berharap Upika yang ada di Minas ini bisa bergabung dengan kita, untuk melakukan qurban, dan untuk Puskesmas Minas sendiri kalau bisa qurbannya lebih kita tingkatkan lagi, misal 2 ekor atau maksimal 3 ekor," pungkasnya.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex