Disnakbun Rohul Melakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Jelang Pemotongan

Selasa, 20 Juli 2021 - 12:52:01 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : E.S Nst


ROHUL, CATATANRIAU.com |  Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Rokan Hulu jelang pemotongan hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H, lakukan pemeriksaan langsung terhadap Hewan Qurban di Masjid Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu, Senin 19/07/2021 kemaren.

 

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, CH Agung Nugroho mengatakan bahwa pada beberapa hari yang lalu telah dibentuk tim Pemeriksaan kesehatan hewan Qurban oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan.

 

“Pembentukan tim Pemeriksaan hewan Qurban ini sesuai SK dengan Nomor :KPTS/DISNAKBUN-UPK/2021, dan hari ini mereka sudah mulai bekerja untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan Qurban,” Ujar Agung.

 

Diakuinya, dari pemeriksaan kesehatan hewan Qurban oleh Tim, seluruh hewan Qurban yang ada di Masjid Islamic Center diketahui dalam keadaan sehat tanpa ada penyakit satupun.

 

“Untuk kesehatan, secara keseluruhan semuanya sehat dan sudah bisa untuk disembelih pada hari Rabu nanti,” Kata Agung.

 

Agung menambahkan dari pemeriksaan kesehatan hewan Qurban, diketahui juga bahwa seluruh Sapi yang akan disembelih di Islamic Center Pasir Pengaraian tidak terpapar virus Jembrana.

 

“Tidak ada yang terpapar virus Jembrana, karena virus ini hanya bisa terpapar oleh sapi Bali saja, sehingga tidak dapat menular ke Sapi lain apalah lagi ke manusia,” ujarnya.

 

Ketika ditanya terkait gejala apa saja yang diderita oleh Sapi pengidap penyakit Jembrana, Agung menjelaskan bahwa Sapi yang telah tertular virus Jembrana dapat dilihat secara kasat mata, mulai dari air liur yang berlebihan hingga bercak-bercak merah di leher dan paha.

 

“Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, secara fisik maupun kasat mata, semuanya sehat,” Tutup Agung.

 

Sementara itu, Kabag Kesra H Umzakirman mengungkapkan bahwa jumlah hewan Qurban di Islamic Center Rokan Hulu pada Idul Adha 1442 H /2021 ini sentak 72 ekor sapi.

 

“Hewan Qurban dari 28 OPD Pemkab Rohul tahun ini terkumpul sebanyak 70 ekor sapi, 1 ekor dari Bank Riau Kepri dan satu ekor lagi dari Bapak Bupati Rohul, H Sukiman dengan bobot 150 Kg,” Jelasnya.

 

Rencananya, dari keseluruhan hewan Qurban yang ada, 44 ekor sapi akan didistribusikan ke kecamatan dan Desa yang ada di kabupaten Rokan Hulu.

 

“44 ekor untuk disebarkan ke Masjid-Masjid yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, sedangkan selebihnya akan disembelih di Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu pada Rabu (21/07), tepatnya pukul 08.00 WIB,” Tambahnya.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex