Bekerjasama Dengan Nakes, BIN Riau Lakukan Vaksinasi Door To Door di Tiga Kabupaten Ini

Ahad, 18 Juli 2021 - 12:36:07 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Idris Harahap


PEKANBARU, CATATANRIAU.com | Badan Intelijen Negara (BIN) kembali menyelenggarakan Vaksinasi Massal Door to Door di Prov. Riau. Dengan Target Menuju Kekebalan Komunal (Herd Immunity) dan menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi dalam rangka Percepatan Pencegahan Covid-19 melalui vaksinasi.

 

Menyikapi kekosongan vaksin yang ada di Provinsi Riau, BIN Daerah Riau telah melaporkan hal tersebut kepada Pimpinan sehingga kegiatan vaksinasi massal ini didukung penuh BIN Pusat untuk ketersediaan Vaksin.

 

BIN Daerah Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk menyiapkan Tenaga Kesehatan (Nakes) di masing masing titik lokasi Door to Door diantaranya di Kota Pekanbaru, Kab. Kampar, Kab. Siak. Kegiatan dilaksanakan Hari Minggu 18 Juli 2021 dimana keluarga rata-rata berada di rumah. Pemilihan lokasi berdasarkan survei kesiapan aparat pemerintah daerah setempat dan animo permintaan masyarakat.  Sasaran juga diarahkan kepada masyarakat terdampak pandemi secara ekonomi.

 

Vaksinasi Door to Door adalah memberikan vaksinasi kepada masyarakat dari rumah ke rumah. Hal ini merupakan model yang berhasil dilaksanakan oleh beberapa negara untuk meningkatkan partisipasi. Nakes mendatangani rumah masyarakat untuk memberikan vaksin kepada seluruh anggota keluarga, sehingga kendala dapat diminimalisir. 

 

Tidak hanya hari ini, vaksinasi massal juga akan diarahkan kepada sasaran pelajar pada 19 Juli 2021. Titik lokasi pelaksanaan di SMPN10 Kota Pekanbaru. Kelompok pelajar membutuhkan percepatan vaksinasi untuk mendukung kesiapan pembelajaran tatap muka. 

 

Stok vaksin yang disediakan untuk vaksinasi massal lanjutan ini adalah 1000 dosis dengan rincian 500 dosis untuk door to door dan 500 dosis untuk pelajar. Kegiatan ini akan diadakan rutin dan terkoordinir sesuai perintah Pimpinan.  

 

Selain vaksinasi massal, BIN Daerah Riau juga melaksanakan sosialisasi Prosedur Kesehatan (PROKES) seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Hal ini untuk mengedukasi masyarakat bahwa vaksin saja tidak cukup jika tidak disertai PROKES. Sebaliknya PROKES saja tidak cukup jika tidak mendapatkan vaksin. 

 

Ditambah lagi, BIN Daerah Riau juga mengadakan #gerakanberbagiuntukwarga. Gerakan ini tidak hanya dilaksanakan di Prov. Riau namun seluruh provinsi di Indonesia. Ajakan saling membantu dan saling mendukung dalam bentuk apapun dengan nama dan aksi apapun. Harapannya dengan gerakan ini, dapat mencapai pemulihan ekonomi nasional. (rilis)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex