Pengabdian Kepada Masyarakat Unri Tahun 2021 Kembali Dilaksanakan Di Wisata Mangrove Kayu Ara Permai

Ahad, 18 Juli 2021 - 10:03:21 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Mr j


SIAK, CATATANRIAU.com | Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau, tahun 2021 ini kembali dilaksanakan Di wisata Edukasi Mangrove Sungai Bersejara Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Sabtu tanggal 17 Juli 2021. 

 

Tim Pengabdian Universitas dari Jurusan Ilmu Kelautan memberikan pelatihan kepada kelompok Laskar Mandiri dan Perwakilan Ibu-Ibu PKK Kayu Ara Permai cara mengolah buah mangrove menjadi beraneka kue dan minuman. Acara yang berlangsung di Aula Pertemuan “Teras Bakau” Sungai Bersejarah Kayu Ara Permai yang berada di tengah kawasan mangrove. Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Riau ini terdiri dosen-dosen dan mahasiswa Kukerta Integrasi Universitas Riau Tahun 2021 serta dibantu oleh kelompok studi mahasiswa bidang mangrove Jurusan Ilmu Kelautan “Belukap Mangrove Club”.

 

Menurut Dr. Ir. Efriyeldi, M.Si yang bertindak selaku ketua tim pengabdian Univeritas Riau, bahwa kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan kepada anggota kelompok Laskar Mandiri dan ibu-ibu PKK bahwa ada potensi lain yang belum dimanfaatkan dari kawasan hutan mangrove tersebut, yaitu buah mangrove.

 

Dengan semakin banyaknya manfaat yang diperoleh dari hutan mangrove, diharapkan  mangrove semakin dihargai oleh masyarakat, mangrove yang ada akan dijaga dan mangrove yang rusak ditanami kembali.  Khususnya kepada  anggota kelompok Laskar Mandiri dapat memberikan pemasukan dari menjual beraneka kue dan minuman dari buah mangrove, sehingga kesejahteraan anggota bisa meningkat yang selanjutnya anggota kelompok konservasi menjadi lebih bersemangat menjaga hutan mangrove Sungai Bersejarah ini.

 

Setelah penyampaian materi terkait bagaimana terjadinya abrasi oleh adanya gempuran gelombang laut oleh Dr. Ir. Musrifin Galib, M.Sc,  dilanjutkan penyampaian materi terkait peranan mangrove, baik perananan ekologis dan ekonomis serta peranan lainnya seperti pemanfaatan buah mangrove oleh Dr. Efriyeldi. 

 

 Betari Erlinda Prayitno yang merupakan ketua Mangrove Belukap Club mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan  mewakili Ibu Ir. Irvina Nurrachmi, M.Sc yang berhalangan hadir  menyampaikan materi cara pengolahan buah mangrove menjadi beraneka kue dan minuman. Praktek pengolahan buah mangrove dipraktekkan langsung oleh anggota Laskar Mandiri yang perempuan dan ibu-ibu anggota PKK. Adapun praktek yang dialkukan adalah mengolah buah api-api menjadi bolu api-api dan klepon api-api. Buah barembang atau pedada diolah menjadi sirup pedada, selai pedada dan permen pedada. Juga dipraktekkan langsung cara mengolah daun jeruju yang ada dalam kawasan mangrove menjadi keripik daun jeruju.  

 

Dr. Ir. Efriyeldi, M.Si berharap, "Supaya anggota Laskar Mandiri dan ibu-ibu PKK Kayu Ara Permai dapat mempraktekkan sendiri pengolahan buah mangrove ini serta juga ditularkan ke anggota masyarakat lainnya.  Bahan baku makanan dan minuman menjadi tambah beragaman, klesejahteraan anggota  kelompok Laskar Mandiri meningkat, mangrove semakin lestari.(Mr.j)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex