Jelang Peralihan PT CPI Ke Pertamina, Upika Minas Gelar Rapat Dengan Seluruh Elemen Masyarakat

Jumat, 09 Juli 2021 - 19:48:20 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com | Lintas Sektor Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Minas, menggelar rapat bersama seluruh elemen masyarakat baik itu dari kesukuan, keagamaan, Ormas,  Kelompok, dan lain sebagainya, Jumat (09/07/2021) siang.

Rapat yang digelar di aula Kecamatan Minas, Kabupaten Siak itu, dilakukan dalam rangka untuk sama-sama menciptakan situasi yang kondusif jelang peralihan Kontrak dari PT Chevron Pasific Indonesia (PT CPI) ke PT Pertamina (BUMN) yang akan berlangsung pada awal bulan Agustus 2021 mendatang, sebab dengan terjadinya peralihan kontrak tersebut berimbas kepada banyaknya pengangguran di Kecamatan Minas.

 

Tampak ikut dalam rapat itu, Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI, Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH, Danramil Minas Kapten Inf Sahman Sinaga, Anggota DPRD Kabupaten Siak Paramananda Pakpahan, Kanit Intel Polsek Minas Ipda Budiman S Dalimunthe SH, serta seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Minas, diantaranya, Ketua Suku Sakai, Serikat Buruh FSPMI, Ormas Bara Raja, OKP Pemuda Pancasila, Ikatan Pemuda Karya, LAMR, IKMR, IKC, LLMB, LMR, PBB, serta tokoh agama dan pemuda.

 

"Kita masyarakat Minas tetap harus hidup rukun, kami akan memfasilitasi dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan, kami juga meminta agar jangan mempercayai isu isu yang beredar tentang perekrutan perusahaan, maka mari kita saling mendukung agar perusahaan mau berkoordinasi ke pemerintah agar informasi lapangan kerja bisa diumumkan secara terbuka. Perkiraan kendala memakan waktu yang lama, dan bila dibuka dalam skala kecil kita akan melakukan upaya upaya apa saja yang diperlukan untuk kedepannya," imbuh Camat Minas dalam sambutannya.

 

Sementara itu Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH, dalam kesempatan itu ia menyampaikan, "kita harus menghilangkan ego masing masing agar terdapatnya keadilan, kami dari Upika berharap kita bisa solid dalam menanggapi hal ini dan saling mendukung agar terjalinnya kekompakan," ujarnya.

 

Kapolsek juga menyampaikan, adapun tujuan dilaksanakannya rapat lintas sektoral tersebut dengan maksud bertujuan untuk mendukung pemerintah dan menjaga situasi khamtibmas khususnya di Kecamatan Minas menjelang peralihan kontrak migas selama lebih kurang 100 Tahun yang dikelolah oleh PT CPI dan akan habis kontrak sehingga dialihkan ke PT Pertamina.

 

"Dalam hal ini juga sekaligus menyampaikan kepada masyarakat Minas agar tidak melakukan perbuatan melanggar hukum dalam hal perekrutan tenaga kerja kedepannya," urainya.

 

Dalam rapat itu juga terjadi perbincangan yang cuku alot, yang mana masing-masing ketua ormas maupun tokoh masyarakat yang hadir menyampaikan aspirasi mereka untuk memperjuangkan hak-hak Masyarakat Kecamatan Minas terutamanya dalam bidang tenaga kerja. Seperti pengusulan agar kiranya Upika Minas membantu Masyarakat Minas berkoordinasi dengan pihak perusahaan dalam menyediakan lowongan tenaga kerja.

 

"Dengan adanya peralihan ini, dampak negatif yang terjadi di Kecamatan Minas bukan tentang ekonomi saja tapi kesenjangan sesama masyarakat, karna itu kami meminta Upika untuk bertindak secepatnya agar tidak berlarut larut, kami juga berharap agar tidak ada organisasi yang bertindak sendiri untuk pribadi organisasi tersebut. Kami juga meminta transparansi tentang info lowongan ketenaga kerja dari setiap perusahaan yang ada di Minas ini," ungkap Erlinston Siregar SH selaku ketua ormas PBB Kabupaten Siak dalam kesempatan itu.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex