Ilustrasi (Net)

Ada 3 Penambahan Kasus Covid-19 di Minas Total Jadi 10, Pasien Rata-rata Pekerja Subkon PT CPI

Kamis, 24 September 2020 - 22:52:08 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM |  Kasus Positif Covid-19 sejak Bulan Agustus 2020 hingga saat ini September 2020 khususnya di wilayah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, mengalami penambahan, untuk per hari ini, Kamis (24/09/2020), ada sebanyak tiga orang penambahan dengan total pasien positif Covid-19 menjadi 10 orang yang sebelumnya hanya 7 orang, dan rata-rata pasien ini merupakan karyawan disejumlah perusahaan Sub kontraktor PT Chevron Pasific Indonesia (PT CPI) Minas.

 

Hal ini sebagaimana diterangkan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Minas Dokter Hidayati Jasri, kepada wartawan media ini dia mengungkapkan saat ini terdata sudah 10 orang yang positif Covid-19 di Minas, kasus ini sendiri kata dia terjadi di kecamatan Minas sejak bulan Agustus 2020 hingga saat ini September 2020.

 

"Untuk hari ini ada penambahan 3 orang dari yang sebelumnya hanya 7 orang menjadi total 10 orang. Dengan rincian Kelurahan Minas Jaya 5 orang, Kampung Minas Timur 2 orang, Kampung Minas Barat 3 Orang," kata Dokter Hidayati Jasri Kepada Wartawan media ini, Kamis (24/09/2020) malam.

 

Dijelaskannya, adapun untuk penambahan hari ini sebanyak tiga orang berasal dari, 1 Kelurahan Minas Jaya, 1 Minas Timur dan 1 Minas Barat, Dokter Hidayati Jasri juga menerangkan dua orang dari tiga pasien ini dinyatakan Positif Covid-19 sebelumnya merka datang berobat ke Puskesmas Minas, yakni pasien dari Minas Jaya dan Minas Barat, dengan keluhan seperti gejala Covid-19, terutama kata dia keluhan kedua pasien itu merasakan penciuman mereka tidak ada rasa, "jadi dengan keluhan itu langsung kita lakukan swab, setelah kita lakukan pengecekan dari hasil sampelnya dinyatakan mereka berdua positif Covid-19," terangnya.

 

Adapun untuk pasien penambahan 1 lainnya yang berasal dari Minas Timur, kata dia pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan oleh pihak perusahaan tempat dia bekerja. Dokter Yanti juga menjelaskan dari 10 pasien positif Covid-19 yang telah ditetapkan itu, 9 orang diantaranya merupakan karyawan ataupun pekerja diberbagai perusahaan sub kontraktor PT Chevron Pasific Indonesia yang ada di wilayah Kecamatan Minas, sementara 1 orang diantaranya merupakan seorang ibu rumah tangga (IRT) dan sudah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

 

"Nanti kita akan lakukan tes swab kepada orang-orang yang kontak erat dengan pasien penambahan hari ini, lebih kurang sebanyak 17 orang, dan kita sudah minta pihak perusahaan untuk isolasi mereka, 17 orang ini sebagian warga Pekanbaru dan sebagiannya warga Minas, untuk tes swab nantinya tentu akan kita utamakan warga Minas terlebih dahulu," katanya.

 

Dalam hal ini kata Dokter Hidayati Jasri, pihaknya pun mengharapkan kepada masyarakat dan perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Minas, dengan kian meningkatnya kasus jumlah pasien positif Covid-19 mohon kewaspadaannya, dan lakukan protokol kesehatan, "apabila ada yang positif keluarga kita mohon untuk mau dilakukan tes swab, dan kami dari tim gugus Kecamatan tolong dibantu untuk melakukan tracking di lapangan untuk mengedukasi kepada masyarakat yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 tersebut, agar kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus ini dan mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Minas ini," imbuhnya.

 

Dalam hal ini kata dia, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk segera melakukan pelaporan kepada pihaknya jika dirasa ada gejala-gejala seperti batuk, demam dan tidak adanya rasa penciuman atau merasa terganggu dengan penciumannya.

 

"Untuk warga yang berdekatan dengan Kota Pekanbaru seperti Minas Timur dan Minas Jaya agar selalu meningkatkan kewaspadaannya, terlebih dalam hal menerima tamu atau keluarga yang datang dari luar daerah," imbuhnya.

 

Terkait hal ini Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi dia mengatakan, "Dari 10 Kasus di Minas memang sebagian besar sudah dinyatakan Negatif. Tentunya tak bosan-bosannya kita mengingatkan kepada masyarakat Kecamatan Minas agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti menerapkan 4M, yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan sesering mungkin dan Meningkatkan daya tahan tubuh." imbuh Camat.

 

Camat Hendra juga menerangkan bahwa pihaknya juga sudah meminta kepada pihak PT CPI agar kembali menerapkan seperti yang lalu, yakni memisahkan antar pekerja asal Minas dengan Pekanbaru, "artinya jangan digabung satu lokasi kerja, hal ini kita minta diterapkan kembali sebab saat ini kondisi kita semakin menghawatirkan," katanya.

 

Namun hal ini kata Camat Hendra sampai saat ini belum bisa dijawab oleh manajemen PT Chevron, "mereka katanya akan diskusikan ini dengan level pimpinan mereka, namun demikian kami meminta apa langkah-langkah Chevron dalam menekan kasus positif Covid-19 yang ada di kecamatan Minas ini, dan mudah-mudahan Chevron segera mengupayakan secara maksimal terkait hal ini," harapnya.

 

Selaras dengan Camat, Kapolsek Minas AKBP Birma Naipospos dia mengatakan, "kita minta masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebab hal ini wajib dilakukan, untuk PT CPI selalu kita himbau agar meminta seluruh karyawan mereka menerapkan protokol kesehatan pada saat berada di area kerja," tukasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex