Warga Libo Jaya Kandis Bersyukur, Jalan Mereka Yang Tadinya Berlumpur & Berdebu Kini Telah Beraspal

Jumat, 05 Juni 2020 - 20:21:58 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Warga Kampung Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, mereka mengucapkan rasa syukur sebab jalan yang membelah perkampungan itu selama berpuluh-puluh tahun lamanya saat musim penghujan tiba akan penuh dengan lumpur dan saat kemarau akan penuh dengan debu, kini hal itu sudah tidak lagi mereka rasakan sebab jalan tersebut telah mulus dan beraspal.

 

"Warga senang sekali, baru pada tahun 2020 ini jalan di kampung kami ini beraspal. Selama ini, kondisi jalan memang menyedihkan," ungkap tokoh masyarakat setempat, Ngatmin, Jumat (5/6/2020).

 

Ngatmin mengisahkan, kata dia, telah lama warga di kampung itu mengadu agar Hinduk Beringin itu diaspal. Akhirya aspirasi itu sampai ke Bupati Siak Alfedri, sehingga jalan dikerjakan pada 2020 ini. 

 


"Saat ini jalan sudah bagus, mulus dan warga senang. Dulu sering diusulkan juga tapi belum ada dilaksanakan kegiatan, tapi tahun ini juga jalan sudah tuntas," terang Ngatmin menjelaskan.

 

Sebagai salah seorang anggota DPRD Siak yang terpilih pada Pileg 2019, Ngatmin memuji niat baik Alfedri dalam menyelesaikan masalah. Apalagi kata dia aspirasi warga sekitar menginginkan pembangunan drainase, terutama di dekat mesjid kampung.

 

"Ini sudah langsung dicatat Pak Bupati pada kunjunganya dalam meninjau hasil peningkatan jalan Hinduk Beringin itu kemarin. Mudah-mudahan tahun depan dikerjakan," katanya.


Sementara itu Kepala Dinas PU Tarukim Siak Ir Irving Kahar Arifin mengatakan, ia juga ikut mendampingi Bupati meninjau peningkatan jalan itu. Dikatakannya Bupati Alfedri senang melihat hasilnya, apalagi saat itu ia dicegat oleh masyarakat hanya sekadar untuk mengucapkan terimakasih.

 

"Warga banyak mengucapkan terimakasih karena jalan itu dulu jalan tanah. Kalau musim hujan kondisi jalan berlumpur dan bila kemarau jalan berdebu. Sekarang kondisi itu sudah hilang dan berubah menjadi jalan aspal yang mulus," ucap Irving.


Diketahui peningkatan Jalan Hinduk Beringin di kampung Libo Jaya Kandis itu, sepanjang 1,055 Km dan lebar 6 meter. Pekerjaannya dapat selesai dalam waktu 2 bulan. Bahkan tercatat sebagai pekerjaan infrastruktur jalan tercepat. 


"Kami juga cukup senang, kualitasnya bagus setelah dicek," imbuhnya.


Sedangkan untuk pembangunan drainase yang diminta warga kata Irving, juga segera akan diwujudkan. Kegiatan itu kata dia akan dimulai di dekat mesjid di kampung tersebut.


"Kami meninjau lokasi itu pada Rabu kemarin. Setelah meninjau jalan kami bersama Pak Bupati juga meninjau pembangunan Stadion mini," jelas dia.


Irving menceritakan, awalnya stadion mini itu dibangun Pemkab Siak. Namun terkena trase jalan tol, sehingga stadion mini tersebut digeser ke arah Barat. 

 

Diterangkan dia, Stadion mini itu diganti kembali oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI). Pembangunan itu lebih lengkap dari yang sebelumnya. Saat ini jelasnya, PT HKI membangun tribun tertutup dan lebih bagus dari yang dibangun sebelumnya.

 

"Sebab pembangunan stadion mini ini awalmya tak ada tribun sekarang punya tribun tertutup dan lebih bagus dari yang telah dibangun sebelumnya. Stadion mini ini akan diproyeksikan selesai dalam waktu 6 bulan ke depan," kata dia.


Selain itu, mereka juga meninjau posisi rest area jalan tol. Rencananya ditempatkan di STA 45 untuk jalur A dan STA 46 di jalur B. Posisinya di simpang Kerikil, Kandis Kota. 


Bupati Siak Alfedri mengaku puas dengan pembangunan Jalan Hinduk Beringin dan rencana penyelesaian stadion mini oleh PT HKI. Bahkan ia juga menginginkan rest area di Kandis diisi dengan produk UMKM dari kecamatan setempat, sehingga membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.


"Alhamdulillah, saya memastikan kondisi peningkatan jalan Hinduk Beringin, progres pembangunan stadion mini dan titii pembangunan rest area. Ini sangat memberikan peluang dan menjadi perkembangan pembangunan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kandis," kata Alfedri.


Alfedri juga mengatakan akan berkomitmen meneruskan pembangunan yang merata di kabupaten Siak. Ia meminta masyarakat menjaga pembangunan yang sudah ada serta memanfaatkannya untuk peningkatan hajat hidup bersama. 

 

"Saya berterimakasih juga kepada PT HKI yang telah membangun kembali stadion mini dengan sarana yang lebih lengkap," pungkasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex