Bupati Siak Salurkan 170 Paket Bantuan Pangan Olahan Ikan di Kampung Tualang

Rabu, 03 Juni 2020 - 17:11:57 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Bupati Siak Alfedri secara simbolis menyerahkan 170 paket bantuan produk makanan olahan ikan kepada nelayan, ibu hamil dan pedagang di Kampung Tualang, kecamatan Tualang bersempena Kegiatan Safari Gemarikan bersama Komisi IV DPR RI dalam rangka penanganan dampak Covid 19 kepada mayarakat di Kabupaten Siak.

 

Turut hadir dalam penyerahan yang dilaksanakan di Kantor Penghulu Tualang, Rabu (3/6/20) itu Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Susilawati dan Sekcam Tualang Ari Darmawan.

 

Bantuan yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Balanja Negara) itu, disalurkan untuk Kabupaten Siak.  Melalui Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan yang terdiri dari 500  goody bag,  2500 masker, 500 produk perikanan ikan salai asap, 500 produk Soutindang, dan 1000 pack sarden home made. 

 

Program Safari Gemarikan tersebut bertujuan mendukung program nasional dalam penanganan memperkecil angka stunting di daerah, disamping itu juga mendorong tumbuhnya usaha budidaya sektor perikanan dan memberikan pendampingan pemasaran serta mengintegrasikan kelangsungan untuk jangka panjang produksi.

 

Karena itu Penghulu Kampung Tualang Juprianto dalam sambutannya berharap bantuan aneka olahan produk makanan bersumber ikan tersebut dapat meningkatkan imunitas tubuh masyarakat penerima manfaat pada saat terjadi Pandemi Covid 19 saat ini. 

 

"Mewakili masyarakat kami ucapkan terimakasih atas segala bentuk kepedulian pemerintah,  termasuk berbagai bentuk bantuan lainnya yang disalurkan kepada 1600 KK selama pandemi. Tentunya bantuan ini akan angat membantu masyarakat kami selama masa sulit pandemi covid ini" kata Jufrianto. 

 

Sementara itu Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Susilawati menyebut Pemkab Siak konsisten mengusulkan dukungan program bantuan kepada pemerintah pusat untuk daerah.

 

"Alhamdulillah salah satu bentuk dukungan pusat tersebut adalah program bantuan aneka makanan olahan ikan ini. Semoga bantuan lain juga dapat kembali dialokasikan di Kabupaten Siak" kata dia. 

 

Di Kabupaten Siak kata dia, dialokasikan sebanyak 500 Siak dialokasikan di Kecamatan Tualang, Kandis dan Mempura, yang diharapkan dapat membantu imunitas kelompok masyarakat rentan seperti ibu hamil, anak balita, dan orang tua dari nelayan pedagang dan remaja produktif. 

 

Bupati Siak Alfedri dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Kememterian KKP bantuan yang diberikan, dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi masa Pandemi Covid 19.

 

"Salah satu penerimanya adalah nelayan,  disamping pedagang dan petani yang terdampak sosial ekonomi di masa Pandemi Covid 19. Semoga ujian ini cepat diangkat oleh Allah SWT,  karena dampaknya luas dan merata hampir diseluruh sektor kehidupan masyarakat" kata Alfedri. 

 

Karena bentuknya olahan ikan, Bupati Alfedri juga berpesan kepada masyarakat penerima manfaat agar bantuan bahan pangan tersebut segera di konsumsi. 

 

"Begitu diterima mohon bapak dan ibu segera mengolah bantuan bahan pangan berbahan ikan ini agar kualitas dan manfaat yang diharapkan dapat terserap dengan baik" ujar Alfedri.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex